Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Wilayah Majene Sulawesi Barat Pagi Ini, 16 Januari 2021

- 16 Januari 2021, 09:36 WIB
Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi /Pixabay /tumisu



KABAR JOGLOSEMAR - Hari ini, Sabtu 16 Januari 2021 pukul 6.32 pagi, sebuah gempa bumi kembali guncang wilayah Majene, Sulawesi Barat. Kali ini gempa tersebut memiliki kekuatan Magnitudo 5,0.

"Gempa Mag:5, 16/01/2021 06:32:55 (Pusat gempa di darat 20 km Timur Laut Majene)," seperti dikutip KabarJoglosemar.com dari laman Twitter BMKG @infoBMKG, Sabtu 16 Januari 2021.

Dalam cuitan BMKG, dilaporkan bahwa gempa bumi tersebut memiliki kedalaman 10 Km dan dirasakan di (MMI) III atau wilayah Majene, Sulawesi Barat.

Seperti diketahui sebelumnya, Jumat 15 Januari 2021, wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) telah diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 6,2.

Baca Juga: Sebanyak Lebih dari 20 Ribu Warga Terdampak Banjir di Kalimantan Selatan

Baca Juga: 189 Orang di Mamuju Mendapat Perawatan Setelah Dilanda Gempa 6,2 Magnitudo

Gempa tersebut merupakan peristiwa yang memiliki dampak besar. Hal ini terbukti dengan banyaknya bangunan mengalami kerusakan hingga puluhan korban jiwa.

Berdasarkan informasi terkini, hingga Sabtu 16 Januari 2021 pagi jumlah total korban gempa Sulbar telah mencapai 45 orang.

Selain itu, sebanyak 168 orang kini tengah dirawat di rumah sakit akibat luka-luka dan ribuan warga terpaksa mengungsi. 

Para korban yang berjatuhan tersebut rata-rata meninggal karena tertimbun atau terkena reruntuhan bangunan.

Baca Juga: Kemensos Kirim Bantuan pada Korban Gempa Majene Rp1,7 Miliar

Baca Juga: Anggota DPR RI Mendukung Wacana Program Vaksinasi Corona Mandiri

Hingga kini, tim Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) tengah mengupayakan segala cara untuk melakukan evakuasi pada korban gempa Sulbar.

Menanggapi peristiwa tersebut, Kementerian Sosial atau Kemensos juga tak tinggal diam. Kemensos turut prihatin atas kejadian tersebut dan mengirim bantuan pada korban gempa Sulbar senilai Rp1,7 miliar pada Jumat 15 Januari 2021.

Seperti diberitakan sebelumnya, dana sebesar itu digelontorkan Kemensos dalam bentuk logistik dan dikhususkan untuk para korban terdampak gempa bumi Magnitudo 6,2 yang mengguncang Sulawesi Barat. ***

Editor: Galih Wijaya

Sumber: Twitter BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x