Sebanyak Lebih dari 20 Ribu Warga Terdampak Banjir di Kalimantan Selatan

- 16 Januari 2021, 09:31 WIB
Warga yang berada di tengah banjir Kalimantan Selatan
Warga yang berada di tengah banjir Kalimantan Selatan /Instagram/@m.wawansaputra_/Instagram/@m.wawansaputra

KABAR JOGLOSEMAR - Bencana banjir besar melanda Kalimantan Selatan di awal tahun 2021. Banjir yang melanda terjadi sejak tanggal 9 Januari 2021 dan merendam sebagian wilayah di Kalimantan Selatan.

Dikutip Kabar Joglosemar dari BNPB berdasarkan data per 15 Januari 2021, setidaknya lebih dari 20 ribu warga atau dengan rincian 21.990 jiwa terdampak banjir di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan.

Banjir tersebut terjadi dipicu hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan air sungai di Kecamatan Pelaihari meluap yang terjadi pada Minggu, 3 Januari 2021.

Baca Juga: Kemensos Kirim Bantuan pada Korban Gempa Majene Rp1,7 Miliar

Baca Juga: GKR Hemas Prihatin, Warga Kaliurang Krisis Air di Musim Hujan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Laut melaporkan bahwa saat ini tinggi muka air terpantau sekitar 150 cm sampai 200 sentimeter yang merendam 6.346 unit rumah.

Kini warga telah diungsikan ke sejumlah titik pengungsian dan BPBD juga terus melakukan pendataan di 5 titik pengungsian.

"BPBD Kabupaten Tanah Laut juga menginformasikan akses jalan dari Palaihari ke Banjarmasin terputus akibat banjir. Saat ini tim gabungan bergotong royong dalam melakukan penanganan bencana yang terjadi," ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, dikutip dari laman resmi BNPB.

Baca Juga: 189 Orang di Mamuju Mendapat Perawatan Setelah Dilanda Gempa 6,2 Magnitudo

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: BNPB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x