Di Tengah Pandemi Virus Corona, Dua Sektor Ekonomi Ini Tumbuh Sangat Tinggi

- 7 November 2020, 10:39 WIB
Menteri Keuangan, Sri Mulyani.
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. /ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

KABAR JOGLOSEMAR - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani membawa kabar gembira tentang ekonomi Indonesia. Ia menyebutkan bahwa ada dua sektor ekonomi saat ini tumbuh tinggi.

Apa itu? Pertama, sektor informasi dan komunikasi dan kedua sektor jasa kesehatan. Untuk sektor informasi dan komunikasi tumbuh cukup tinggi yakni 10,6 persen, sementara sektor jasa kesehatan tumbuh lebih tinggi lagi yakni mencapai 15,3 persen.

Menurut Menkeu Sri Mulyani dalam siaran pers secara virtual, Kamis (5/11/2020), kinerja positif sektor informasi dan komunikasi terjadi karena didorong oleh permintaan terhadap jasa komunikasi dan ekonomi digital yang tinggi seiring dengan pola aktivitas rutin yang banyak dilakukan secara online.

Baca Juga: Netizen Geger, Ada Video Syur Mirip Gisel di Sosial Media

Sementara upaya penanganan pandemi virus Corona yang dijalankan oleh seluruh fasilitas kesehatan, menurut Menkeu, didorong oleh belanja pemerintah di bidang penanganan pandemi virus Corona, menciptakan aktivitas yang tinggi di sektor jasa kesehatan.

Selain itu, menurut Menkeu Sri Mulyani, sektor-sektor yang terkait dengan pariwisata dan mobilitas masyarakat, yang tertekan sangat dalam pada triwulan II, juga mencatat perbaikan meskipun masih dalam zona kontraksi.

Untuk sektor transportasi dan pergudangan, menurut Menkeu, membaik ke -16,7 persen setelah terkontraksi dalam hingga -30,8 persen. Sedangkan sektor penyediaan akomodasi makan minum juga membaik ke -11,9 persen dari sebelumnya terkontraksi -22,0 persen.

Baca Juga: Simak 30 Produk Prancis yang Beredar Luas di Indonesia, Ternyata Ada Hotel Juga

Sri Mulyani yang dikutip Kabar Joglosemar.com dari laman kominfo.go.id menyatakan bahwa pemerintah Indonesia akan terus mendorong momentum pemulihan ekonomi dengan berbagai kebijakan. Misalnya, penyerapan belanja APBN 2020 dan program PEN terus diakselerasi untuk menangani masalah kesehatan akibat virus Corona, menjaga daya beli masyarakat dan memastikan aktivitas dunia usaha kembali bangkit.

Sementara pada saat yang sama, menurut Menkeu Sri Mulyani, koordinasi dan sinergi pemerintah dengan otoritas keuangan seperti Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Lembaga Penjamin Simpanan, akan terus diperkuat guna memastikan stabilitas ekonomi tetap terjaga dan proses pemulihan dapat diakselerasi.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: kominfo.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x