Tak Ada Zona Merah Covid-19 di Kabupaten Sleman, Yogyakarta

- 4 Maret 2021, 11:46 WIB
Peta penyebaran Corona di kabupaten Sleman pada 20 Februari 2021
Peta penyebaran Corona di kabupaten Sleman pada 20 Februari 2021 /Instagram/dinkessleman
KABAR JOGLOSEMAR - Ada kabar gembira dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Terhitung sejak 27 Februari 2021, Kabupaten Sleman bebas dari zona merah epidemiologi Covid-19.
 
Dari 17 kecamatan di Kabupaten Sleman tidak ada satu pun yang zona merah atau resiko penularan tinggi. Sementara itu, ada kecamatan yang sudah masuk zona kuning yakni resiko penurana Covid-19 rendah dan hanya 6 kecamatan yang masuk zona oranye yakni resiko penularan Covid-19 sedang.
 
Menurut Shavitri Nurmala Dewi, meski belum ada yang masuk zona hijau atau tanpa ada resiko penularan, namun dengan banyaknya kecamatan (ada 11 kecamatan dari total 17kecamatan) yang sudah masuk zona kuning atau resiko penularan rendah, merupakan hal yang menggembirakan.
 
Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin, maka diharapkan kecamatan yang masuk zona kuning bisa turun jadi zona hijau dan yang masuk zona oranye bisa turun ke zona kuning atau bahkan langsung ke zona hijau.
 
Menurut Shavitri Nurmala Dewi kepada Kabar Joglosemar hari Kamis 4 Maret 2021, ke-11 kecamatan yang masuk zona kuning atau resiko penularan Covid-19 rendah adalah Kecematan Turi, Tempel, Sleman, Seyegan, Godean, Gamping, Depok, Berbah dan Cangkingan.
 
Sedangkan 6 kecamatan yang masih masuk zona oranye atau dengan resiko penularan Covid-19 sedang adalah Kecamatan Kalasan, Prambanan, Ngemplak, Pakem, Minggir dan Moyudan.
 
Meski sudah banyak wilayah kecamatan yang masuk zona kuning atau resiko penularan Covid-19 rendah, namun Shavitri Nurmala Dewi tetap meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan ketat dan penuh disiplin yakni selalu memakai masker, wajib mencuci tangan dan menjaga jarak.
 
Selain itu, pemerintah bersama masyarakat bekerjasama melaksanakan 3T yakni testing, tracing dan treatment. Dan bersamaan dengan itu, program vaksinasi terus dilakukan kepada masarakat.
 
Dengan demikian, menurut Shavitri Nurmala Dewi, sejak 27 Februari 2021 Kabupaten Sleman bebas dari zona merah covid-19. Dari 17 Kecamatan, sebanyak 11 Kecamatan masuk zona kuning dan 6 Kecamatan orange. Kecamatan yang zona orange adalah Prambanan, Kalasan, Ngemplak, Pakem, Minggir, Moyudan. Sedangkan yang masuk zona kuning adalah Turi, Tempel, Sleman, Seyegan, Godean, Gamping, Mlati, Depok, Berbah dan Cangkringan.
Zona kuning artinya resiko penularan sangat rendah. Zona orange artinya resiko penularan sedang. Zona merah artinya resiko penularan tinggi dan zona hijau tidak ada resiko penularan. Data tersebut dikeluarkan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x