Setelah Disuntik Vaksin COVID-19 yang Kedua, Ini yang Dirasakan Menkes

- 28 Januari 2021, 11:13 WIB
Menkes Budi saat divaksin Covid-19 di Istana Negara
Menkes Budi saat divaksin Covid-19 di Istana Negara //Youtube Sekretariat Presiden
 
KABAR JOGLOSEMAR - Sejumlah pejabat, tokoh masyarakat, pemuka agama, figur publik dan para kepala daerah sudah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 untuk kedua kalinya pada Rabu, 27 Januari 2021.
 
Di antara para pejabat yang sudah mendapatkan suntikan vaksin untuk kedua kalinya itu adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.
 
Seperti Presiden Jokowi, usai mendapatkan suntikan vaksin, Menkes pun memberi keterangan kepada wartawan tentang apa yang dirasakan dan dialami setelah disuntik vaksin COVID-19.
 
 
 
"Tak ada efek samping yang serius yang dirasakan setelah disuntik vaksin. Rasanya biasa-biasa saja. Bahkan malah ingin makan banyak," kata Budi Gunadi Sadikin kepada wartawan usai meneima suntukan vaksin yang kedua di halaman Istana Negara Jakarta, Rabu(27/1/2021).
 
Hal yang sama juga diakui Presiden Jokowi usai disuntuk vaksin untuk yang kedua kalinya.
 
"Tidak merasakan apa-apa. Makanya setelah disuntik baik yang pertama maupun yang kedua saya tetap beraktivitas seperti biasa," kata Presiden Jokowi.
 
 
 
Karena itu, menurut Menkes, masyarakat tak perlu takut disuntik vaksin. Karena selain tidak ada efek samping, vaksin produksi Sinovac tersebut juga sudah teruji dan terbukti keampuhannya membentuk antibodi untuk menangkal virus corona.
 
Menurut Menkes Budi Gunadi dikutip Kabar Joglosemar dari kominfo, pembentukan antibodi butuh waktu setelah mendapatkan suntikan vaksin yang kedua.
 
Selanjutnya, resiko tertular COVID-19 bagi mereka yang sudah menerima vaksin sangat kecil.
 
 
 
Meski demikian, menurut Menkes Budi Gunadi, mereka yang sudah menerima vaksin tetap harus menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dan ketat dengan tetap memakai masker, rajin mencuci tanganmenggunakan sabun dengan air mengalir, menjaga jarak dengan menghindari kerumunan.
 
Sementara Prof dr Abdul Muthalib yang untuk kedua kalinya dipercaya menjadi vaksinator atau menyuntik vaksin kepadaPresiden Jokowi mengaku sempat menanyakan kepada Presiden Jokowi apakah ada keluhan setelah menerima vaksinasi pertama.
 
Dan dijawab oleh Presiden Jokowi tidak ada sama sekali. Begitu pula saat disuntik hanya merasakan sedikit tapi setelah itu tidak ada apa-apa.
 
 
 
Hal yang sama diakui artis Raffi Ahmad. Dikatakan, pada vaksinasi dosis pertama dan kedua tidak merasakan efek samping serius.
 
Menurut Raffi Ahmad, setelah penyuntikan vaksin selain mengantuk juga sedikit pegal.

Raffi mengajak siapa pun agar mengikuti program vaksinasi massal yang disediakan secara gratis oleh pemerintah. Sebab, vaksinasi menjadi salah satu upaya untuk menekan penularan atau penyebaran COVID-19.***

Editor: Sunti Melati

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x