Gunung Merapi Luncurkan 36 Kali Awan Panas Selama 14 Jam

- 27 Januari 2021, 21:23 WIB
Gunung Merapi luncurkan awan panas Rabu, 27 Januari 2021
Gunung Merapi luncurkan awan panas Rabu, 27 Januari 2021 ///Twitter @BPPTKG

KABAR JOGLOSEMAR - Sejak pukul 00.00 sampai dengan pukul 14.00 WIB pada hari Rabu, 27 Januari 2021, Gunung Merapi meluncurkan sedikitnya 36 kali Awan Panas Guguran (APG).

Jarak luncur APG terpendek 500 meter dan paling jauh 3 kilometer.

Baca Juga: BPPTKG: Gunung Merapi Luncurkan 36 Kali Awan Panas dalam 14 Jam

Jarak luncur awan panasa guguran (APG) Gunung Merapi pada Rabu ini menuju arah barat daya atau di hulu Kali Krasak dan Kali Boyong.

Menurut Kepala BPPTKG Hanik Humaida, awan panas guguran (APG) Gunung Merapi tercatat pada seismogram dengan amplitudo sekitar 15-60 milimeter dengan durasi 83 sampai dengan 197 detik.

Dalam siaran pers yang diterima Kabar Joglosemar dari Kepala BPPTK Hanik Humaida melalui Kabag Humas Pemda Sleman Shavitri Nurmala Dewi, Rabu sore, disebutkan bahwa rentetan awan panas guguran (APG) Gunung Merapi mulai 4 Januari 2021 menunjukkan bahwa Gunung Merapi mulai memasuki fase erupsi yang bersifat efusif.

Baca Juga: Terjadi Aktivitas Gunung Merapi, BPPTKG Sebut Merapi Masuk Fase Erupsi Efusif Sejak 4 Januari

Erupsi yang efusif ini, menurut Hanik Humaida, juga disebut sebagai tipe Merapi. Dan yang dimaksud dengan Tipe Merapi adalah erupsi dengan aktivitas berupa pertumbuhan kubah lava yang disertai guguran lava dan awan panas guguran (APG).

Dengan serangkaian dan rentetan awan panas guguran Gunung Merapi sejak Rabu dinihari tersebut, menurut Hanik Humaida, beberapa lokasi dilaporkan terkena hujan abu dengan intensitas tipis sampai tebal.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x