Esensi PPKM Mikro dan Lockdown Sama, Presiden Jokowi: Tak Perlu Dipertentangkan

- 24 Juni 2021, 12:59 WIB
Ilustrasi PPKM Mikro
Ilustrasi PPKM Mikro /ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/aww.

KABAR JOGLOSEMAR - Esensi dari PPKM Mikro dan kuncitara atau lockdown sama, yakni sama-sama membatasi mobilitas atau kegiatan masyarakat.

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat agar tidak mempertentangkan kedua hal itu.

Dalam kondisi saat ini, menurut Presiden Jokowi, yang paling tepat dilakukan adalah PPKM Mikro, bukan PSBB atau lockdown. Karena itu penerapan PPKM Mikro harus diperketat dan penuh kedisiplinan serta ketegasan dalam pelaksanaannya.

Baca Juga: Pilih PPKM Ketimbang PSBB, Ini Alasan Jokowi

Menurut Presiden Jokowi, setelah mempelajari berbagai opsi penanganan Covid-19 dengan memperhitungkan kondisi sosial, ekonomi, politik Indonesia dan pengalaman negara lain, maka pemerintah memutuskan bahwa PPKM Mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk menghentikan laju penularan Covid-19 hingga ke tingkat desa atau langsung ke akar masalah yaitu komunitas.

Dikutip Kabar Joglosemar dari laman kominfot.go.id pada Rabu, 23 Juni 2021, Presiden Jokowi mengatakan bahwa berbagai opsi penanganan Covid-19 telah dipertimbangkan secara matang dari berbagai aspek.

Dari berbagai opsi tersebut, Presiden Jokowi memandang kebijakan PPKM Mikro masih menjadi kebijakan pengendalian Covid-19 yang paling tepat dalam situasi saat ini.

Baca Juga: Pemerintah Memutuskan untuk Mempertahankan UU ITE

Sebab, PPKM Mikro yang diperketat bisa mengendalikan Covid-19 tanpa mematikan ekonomi rakyat.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x