Staf Ahli Kominfo Prof Henry Subiakto: Presiden Jokowi Belum Pernah Pakai UU ITE untuk Jerat Pengritik

- 17 Februari 2021, 07:05 WIB
Jokowi belum pernah gunakan UU ITE untuk jerat pengkritik
Jokowi belum pernah gunakan UU ITE untuk jerat pengkritik /Instagram.com/@jokowi

KABAR JOGLOSEMAR - Staf Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Prof. Henry Subiakto mengatakan bahwa sampai saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum pernah menggunakan UU ITE (Informatika dan Transaksi Elektronik) untuk menjerat para pengritik.

Karena itu, masyarakat tak perlu takut menyampaikan kritik kepada pemerintah, termasuk kepada Presiden Jokowi.

Bahkan pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2021 Presiden Jokowi mengajak masyarakat untuk menyampaikan kritik pada pemerintah, terutama dalam hal yang terkait dengan pelayanan publik.

Baca Juga: Hari Ini Rabu Abu Mengawali Puasa dan Pantang Masa Prapaskah dan Paskah2021

Baca Juga: Wamenkumham Sebut Eddy Prabowo dan Juliari Batubara Pantas Diancam Hukuman Mati

"Sampai saat ini Presiden Jokowi belum pernah menggunakan UU ITE untuk menjerat para pengeritik. Meski ada satu Menteri yakni Pak Luhut B Panjaitan yang sempat mau menggunakan UU ITE, namun kemudian batal dan itu bukan untuk menjerat pengeritik tapi pihak yang diduga menghina atau memfitnah," kata Prof Henry Subiakto yang dikutip Kabar Joglosemar dari kanal YouTube Karni Ilyas Club yang diunggah pada 14 Februari 2021.

Menurut Prof Henry Subiakto, yang banyak menggunakan UU ITE selama ini justru masyarakat dengan saling melapor ke polisi dengan tuduhan penghinaan, fitnah, ujaran kebencian dan sebagainya.

Dan hal ini terjadi karena dengan banyaknya akun media sosial (medsos) seperti Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya orang bebas memproduksi informasi, termasuk menyebar kebencian, fitnah, hoaks dan sebagainya tanpa menyadari bahwa hal itu melanggar UU ITE.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 17 Februari 2021: Andin Geram Difitnah Elsa, Aldebaran Lakukan Ini

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: YouTube Sobat Dosen


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x