Kasus Positif COVID-19 Tembus Angka 1 Juta, Begini Kata Menkes

- 26 Januari 2021, 18:34 WIB
Ilustrasi penyebaran virus corona
Ilustrasi penyebaran virus corona /Pixabay/cromaconceptovisual
 
KABAR JOGLOSEMAR - Kasus positif COVID-19 di Indonesia tembus angka 1 juta orang atau tepatnya total sebanyak 1.012. 350 kasus setelah ada penambahan 13.094 kasus baru pada Selasa, 26 Januari 2021.
 
Menanggapi perkembangan kasus positif COVID-19 yang terus meningkat tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dengan tegas mengatakan bahwa ini merupakan momen penting bagi seluruh rakyat Indonesia bekerja keras melawan COVID-19.
 
Dan kunci utama melawan COVID-19, menurut Menkes Budi Gunadi, adalah mencegah penularan dan penyebaran virus corona atau COVID-19 dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan berupa wajib memakai masker, rajin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir dan menjaga jarak dan menghindari kerumunan.
 
"Angka satu juta ini memberikan satu indikasi bahwa seluruh rakyat Indonesia harus bersama-sama dengan pemerintah bekerja bersama-sama untuk mengatasi pandemi dengan lebih keras. Dan kita teruskan kerja keras itu dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan," tegas Menkes Budi Gunadi Sadikin yang dikutip Kabar Joglosemar dari keterangan pers Menkes yang disiarkan langsung televisi swasta nasional, Selasa (26/1/2021) petang.
 
Menurut Menkes, para ahli epidemiologi mengatakan bahwa untuk mengatasi Pandemi COVID-19 satu hal utama yang harus diingat dan dilakukan adalah harus mengurangi laju penularan virus. Upaya yang dilakukan adalah secara tegas dan disipling mengurangi penularan virus corona.
 
"Dengan cara itu, Insya Allah suatu saat kita bisa menghilangkannya sama sekali atau eradikasi virus. Sekali lagi, satu hal yang paling penting yang harusdi ingat bersama ah kita bekerja sangat keras  bagaimana menurunkan atau mengurangi laju penularan virus," kata Menkes Budi Gunadi.
 
Dikatakan, kita harus bersama-sama bekerja kerja keras, sangat kerasdan  ekstra keras untuk mengurangi laju penularan virus.
 
"Kita harus sangat disiplin memakai masker dan cuci tangan. Ini sangat susah dan ini tidak bisa dilakukan seorang diri, oleh pemerintah tanpa bersama-sama rakyat, seluruh komponen bangsa membangun gerakan disiplin kehidupan pascapandemi," kata Menkes.
 
Menurut Menkes, kita harus memastikan dan bekerja keras mengingatkan diri kita sendiri, mengingatkan teman-teman, mengingatkan keluarga dan seluruh rakyat yang ada di lingkungan kita agar disiplin protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.
 
Itu adalah satu hal utama yang harus dilakukan untuk mengurangi laju penularan virus. Selain itu, kita harus bekerja keras melakukan testing, tracing dan isolasi mandiri bila mengalami gejala yang mirip virus corona. ***

Editor: Galih Wijaya

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x