Patut Waspada, BPPTKG Prediksi Letusan Gunung Merapi Akan Seperti Ini 

- 29 November 2020, 22:21 WIB
Penampakan Gunung Merapi
Penampakan Gunung Merapi /Facebook/Ranto Kresek

KABAR JOGLOSEMAR - Sejak 5 November 2020, status Gunung Merapi naik ke level III atau Siaga. Dengan status Siaga, Gunung Merapi sewaktu-waktu akan meletus.

Status Siaga atau level III berada setingkat di bawah satus level IV atau Awas. Dengan status Siaga, maka masarakat harus selalu siaga. Sehingga bila sewaktu-waktu Gunung Merapi meletus, mereka sudah siap mengungsi.

Baca Juga: Guguran Lava Jadi Potensi Ancaman Erupsi Gunung Merapi, Pemkab Diminta Siaga

Menurut Hanik Humaida, Kepala BPPTKG (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), dengan status level III atau Siaga, Gunung Merapi diperkirakan akan mengalami erupsi yang bersifat efusif atau lelehan.

Seperti dikutip Kabar Joglosemar dari laman resmi/bnpb.go.id, Hanik Humaida menyebutkan bahwa letusan efusif dapat terjadi sewaktu-waktu. Letusan seperti ini memiliki kesamaan dengan erupsi tahun 2006.

Dalam diskusi bertajuk Erupsi Merapi, Apa yang BisaKita Lakukan melalui media daring, Minggu (29/11/2020)., Hanik menyebutkan bahwa pada kondisi tersebut tidak menutup kemungkinan akan terjadi erupsi yang bersifat eksplosif.

Menurut Hanik, bila memang terjadi letusan eksplosif, maka tidak akan sebesar erupsi pada tahun 2010. "Kalau eksplosif itu tidak sebesar tahun 2010," kata Hanik.

Baca Juga: Kondisi Terkini Gunung Merapi, BPPTKG Ingatkan Ada Potensi Bahaya

Prediksi letusan Gunung Merapi yang bersifat efusif itu, menurut Hanik Humaida, diperoleh berdasarkan temuan sejumlah faktas ecara periodik.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x