Siapkan KTP, Ini Cara Cek Penerima Bansos BST dan BPNT Bulan Juni Lewat cekbansos.kemensos.go.id

- 2 Juni 2021, 12:10 WIB
Bansos BST, PKH, BPNT
Bansos BST, PKH, BPNT /instagram.com/ @kemensosri

KABAR JOGLOSEMAR - Masih ada bantuan sosial (bansos) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di berbagai daerah. Memasuki bulan Juni, segera cek penerima bansos Kemensos melalui cekbansos.kemensos.go.id.

Adapun bansos yang disalurkan adalah Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp300 ribu dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Rp200 ribu.

Tak hanya terdaftar sebagai KPM, mereka juga harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca Juga: Masalah Hipertensi Kian Meningkat, Simak Cara Mencegahnya Mulai dari Sekarang

Pemerintah menyalurkan bansos untuk meringankan beban pengeluaran KPM di masa pandemi Covid-19. Sehingga dana yang disalurkan setiap bulan ini bisa digunakan untuk meringankan beban pengeluaran sehari-hari.

Sebelumnya, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengungkapkan ada 21 juta data ganda yang terdaftar sebagai penerima bansos Kemensos.

Adapun 21 juta data ganda yang dimaksudkan adalah nama penerima bansos atau mendapat bantuan ganda. Untuk itu, Kemensos memperbaiki data dengan menghilangkan nama-nama ganda sehingga tersisa satu nama.

Baca Juga: Lengkapi Berkas Ini Sebelum Mengajukan BLT UMKM Rp1,2 Juta ke Dinas Koperasi dan UKM, Terakhir 28 Juni 2021

Pasalnya, setiap KPM hanya boleh menerima satu bansos dari pemerintah. Untuk itu dilakukan pengurangan dan penyesuaikan agar bansos bisa disalurkan merata kepada KPM di seluruh Indonesia.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X