Terus Bertambah, Kasus Positif Virus Corona Peserta Kerumunan Acara Habib Rizieq

- 22 November 2020, 22:14 WIB
Massa menunggu kedatangan Habib Rizieq Shihab di Markas Besar FPI, Petamburan, Jakarta, Selasa (10/11/2020).
Massa menunggu kedatangan Habib Rizieq Shihab di Markas Besar FPI, Petamburan, Jakarta, Selasa (10/11/2020). /ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
 
KABAR JOGLOSEMAR - Jumlah orang yang terkonfirmasi positif virus Corona yang mengikuti acara Habib Rizieq Shihab terus bertambah. Sampai Minggu (22/11/2020) malam, jumlah orang yang terkonfirmasi sudah mencapai 80 orang.
 
Dari hasil pemeriksaan atau ts PCR hingga Minggu, 22 November 2020, tercatat sudah ada 80 orang yang diketahui terkonfirmasi positif, masing-masing di 50 orang di Tebet dan 30 oang di Petamburan.
 
Seperti dikutip Kabar Joglosemar dari Pikiran Rakyat, Imbas Kerumunan di Petamburan dan Tebet, 80 Orang Positif Covid-19 hingga Kemenkes Beri Imbauan Minggu (22/11/2020) malam, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Budi Hidayat, mengatakan,hasil pemeriksaan yang dilakukan melalui tes PCR oleh Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa ada 80 orang peserta kerumunan acara Rizieq Shihab beberapa waktu lalu yang sudah diketahui terkonfirmasi positif.
 
 
 
Mereka masing-masing 50 orang di Tebet dan 30 orang di Petamburan yang merupakan kerumunan massa di acara Habib Rizieq.
 
Kementerian Kesehatan juga masih menunggu hasil tes PCR terhadap 5 kasus yang ikut kerumunan di Bogor, Jawa Barat. Kerumunan itu sendiri terjadi pada acara keagamaan dan perkawinan.
 
Untuk itu, Kemenkes meminta siapa pun yang mengikuti kedua acara tersebut untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.
 
 
 
Hal yang sama perlu dilakukan oleh siapa pun yang merasa melakukan kontak erat dengan mereka yang ikut kerumunan masa tersebut.
 
"Kami mengimbau siapa pun yang mengikuti dan yang merasa kontak erat dengan orang yang hadir dalam kedua acara tersebut agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari," ujar Budi.
 
Ia menambahkan bahwa bila masyarakat yang melakukan isolasi mandiri mengalami gejala  virus corona seperti batuk, pilek, sesak napas, sakit tenggorokan dan hilang indra penciuman dan perasa agar segera memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat untuk menjalani pemeriksaan tes PCR.
 
 
Menurut Budi, Kemenkes meminta siapa pun baik itu tokoh masyarakat, tokoh agama ataupun pimpinan daerah agar memberikan contoh dan teladan yang baik bagi masyarakat luas dalam penerapan protokol kesehatan.
 
Budi mengaku Kemkes saat ini terus memantau penularan virus Corona secara ketat di tempatacara tersebut, baik di Petamburan maupun di Bandara Soekarno Hata, Tebet maupun Bogor.
 
Pihaknya terus berupaya mencegaj penularan virus Corona bersama siapa pun agar pandemi virus Corona segera bisa diatasi.***

Editor: Sunti Melati

Sumber: Pikiran Rakyat ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x