Pendanaan Pembangunan 5 Embung Mikro di Temanggung Ditaksir Rp199,63 Juta

- 27 Agustus 2023, 15:34 WIB
Pendanaan pembangunan 5 embung di Temanggung Jawa Tengah ditaksir hampir 200 juta Rupiah, foto ilustrasi*/WILUJENG KHARISMA/PR
Pendanaan pembangunan 5 embung di Temanggung Jawa Tengah ditaksir hampir 200 juta Rupiah, foto ilustrasi*/WILUJENG KHARISMA/PR /

KABAR JOGLOSEMAR - Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTTC) Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) bekerja sama dengan Lazizmu membangun lima embung skala mikro di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Langkah ini bertujuan untuk mendukung program ketahanan pangan dan menjawab tantangan sektor pertanian di wilayah tersebut.

Retno Rusdjijati, Ketua MTTC Unimma, menjelaskan bahwa upaya ini dilakukan melalui Forum Petani Multikultur Indonesia (FPMI) yang berkolaborasi dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, khususnya Lazismu Jateng dan Lazismu Kabupaten Temanggung.

Baca Juga: Wujudkan Visi Bupati, Disparpora Magelang Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Alam

Adapun kelima embung ini bakal dikelola oleh lima kelompok tani. Diantaranya Poktan Daya Sindoro, Sapta Mandiri, Margo Rahayu, Lumbung Makmur, dan Sadewa.

Pembangunan lima embung tersebut memerlukan pendanaan sekitar Rp199.625.000 (Rp199,63 juta).

Embung-embung ini diharapkan dapat menjadi proyek percontohan dalam mengatasi permasalahan perairan pertanian di Kecamatan Kledung, dengan potensi pengembangan di wilayah pertanian serupa di masa mendatang.

Pembangunan 5 Embung Mikro di Temanggung, Jawa Tengah

Baca Juga: JADWAL NONTON Bioskop di Magelang 27 Agustus 2023: Ada 2 Film Horor Tayang Hari Ini

Retno pun berharap bahwa pembangunan embung tersebut akan memberikan solusi yang signifikan bagi lahan hortikultura seluas 32 hektar dan lebih dari 170 petani.

Halaman:

Editor: Ayusandra A S A

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x