Cara Unik Peringati HUT ke-75 RI, Kibarkan Bendera Merah Putih dengan Tali Layang-layang

- 17 Agustus 2020, 20:51 WIB
Bendera yang dikibarkan di Pantai Parangkusumo, Bantul, dalam upacara HUT ke-75 RI, Senin, 17 Agustus 2020
Bendera yang dikibarkan di Pantai Parangkusumo, Bantul, dalam upacara HUT ke-75 RI, Senin, 17 Agustus 2020 /KabarJoglosemar.com/Lip

KABAR JOGLOSEMAR - Banyak cara dilakukan orang untuk memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Dan bagi para pegiat layang-layang yang tergabung dalam komunitas Talikama, upacara bendera dilakukan secara sederhana.

Bukan di lapangan umum atau tempat formal lainnya. Tapi dilakukan di tempat wisata, Pantai Parangkusumo, Kretek, Bantul, Senin (17/8/2020) pukul 09.00 wib.

Pengibaran bendera Merah Putih pun tidak dilakukan di tiang seperti pada umimnya, namun dengan media layang-layang.

Baca Juga: Viral Tudingan Baju Adat China di Uang Pecahan Rp 75 Ribu

"Ini sesuai dengan hobi kami yakni bermain layang-layang. Maka sesuai dengan hobi tersebut, kami mengibarkan bendera Merah Putih dengan menggunakan tali layang-layang sebagai tiang," kata Ir Herjuno Sukotjoadi, Ketu Umum Talikama, kepada KabarJoglosemar.com di Pantai Parangkusumo, Kretek, Bantul, Senin (17/8/2020).

Upacara diikuti puluhan peserta anggota komunitas layang-layang dari berbagai daerah seperti dari Kebumen, Surabaya, Semarang dan lain-lain. Bertindak sebagai Pembina Upacara Ir Herjuno Sukotjoadi denga Pemimpin Upacara KRAP Eri Ratmoko.

Bendera yang dikibarkan di Pantai Parangkusumo, Bantul, dalam upacara HUT ke-75 RI, Senin, 17 Agustus 2020
Bendera yang dikibarkan di Pantai Parangkusumo, Bantul, dalam upacara HUT ke-75 RI, Senin, 17 Agustus 2020 KabarJoglosemar.com/Lip

Meski berlangsung sederhana, namun upacara tetap sesuai dengan tata cara upacara yang berlaku secara resmi.

Diawali pemimpin upacara memasuki lapangan upacara, lalu disusul oleh pembina upacara. Dan setelah dilakukan penghormatan kepada pembina upacara dilanjutkan laporan oleh pemimpin upacara bahwa upacara dimulai.

Baca Juga: Wikana, Sosok Pahlawan Misterius yang Terlupakan

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x