Thailand Pertimbangkan Suntikan Booster atau Vaksinasi Covid-19 Ketiga Bagi Tenaga Kesehatan Ini Alasannya

- 13 Juli 2021, 12:15 WIB
 Ilustrasi Thailand bakal berikan suntikan booster atau vaksinasi Covid-19 ketiga bagi tenaga kesehatan yang sudah mendapat 2 dosis vaksin Sinovac
Ilustrasi Thailand bakal berikan suntikan booster atau vaksinasi Covid-19 ketiga bagi tenaga kesehatan yang sudah mendapat 2 dosis vaksin Sinovac //Pixabay.com/DoroT Schenk

KABAR JOGLOSEMAR - Pemerintah Thailand tengah mempertimbangkan suntikan booster atau vaksinasi Covid-19 ketiga bagi tenaga kesehatan.

Hal ini serupa dengan yang bakal dilakukan di Indonesia dimana tenaga kesehatan bakal mendapat suntikan booster atau vaksinasi Covid-19 ketiga.

Rencananya, untuk vaksinasi dosis ketiga ini, mereka bakal menggunakan suntikan AstraZeneca.

"(Dosis ketiga) ini akan menggunakan vaksin berbeda, mungkin jenis vektor seperti AstraZeneca atau tipe mRNA, yang akan didapat Thailand dalam waktu dekat," kata pejabat senior Kemenkes Thailand, Sopon Iamsirithawon pada Senin, 12 Juli 2021 dilansir dari laman The Straits Times.

Baca Juga: WHO Nilai Belum Perlu, Ini Daftar Negara yang Berencana Beri Dosis Ketiga Vaksin Covid-19 atau Booster

Rekomendasi suntikan booster itu datang pada hari Senin dari Komite Penyakit Menular Nasional setelah lebih dari 600 tenaga kesehatan terjangkit Covid-19 meski sudah mendapat dua dosis vaksin Sinovac.

Keputusan tersebut menjadi salah satu dari beberapa keputusan yang diambil baru-baru setelah pemerintah Thailand meragukan perlindungan jangka panjang Sinovac.

"Ini untuk meningkatkan perlindungan terhadap varian Delta dan membangun kekebalan tingkat tinggi terhadap penyakit (Covid-19)," ujar Menteri Kesehatan Anutin Charnvirakul pada Senin seperti dilansir dari Reuters.

Negara Indonesia sendiri pada hari Jumat pekan lalu mengumumkan akan memberikan suntikan Moderna bagi tenaga kesehatan yang telah sudah mendapat 2 dosis vaksin Sinovac.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x