WHO Nilai Belum Perlu, Ini Daftar Negara yang Berencana Beri Dosis Ketiga Vaksin Covid-19 atau Booster

- 13 Juli 2021, 11:30 WIB
Ilustrasi daftar negara yang berencana dan sedang melakuoan booster atau suntikan dosis ketiga vaksin Covid-19 meski dinilai WHO belum perlu
Ilustrasi daftar negara yang berencana dan sedang melakuoan booster atau suntikan dosis ketiga vaksin Covid-19 meski dinilai WHO belum perlu /Pixabay.com/DoroT Schenk

KABAR JOGLOSEMAR - Organisasi kesehatan dunia atau WHO belum lama ini menyoroti negara yang berencana melakukan dosis ketiga vaksin Covid-19 atau booster.

Sebagian pihak WHO berpendapat bahwa saat ini dosis ketiga vaksin Covid-19 belum diperlukan. Alasannya beragam mulai dari kesenjangan vaksinasi sampai belum ada bukti ilmiah.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus misalnya, menyoroti adanya kesenjangan vaksinasi ketika sebagian negara sudah ambil ancang-ancang untuk melakukan suntikan dosis ketiga vaksin Covid-19.

"Kesenjangan global dalam pasokan vaksin COVID-19 sangat tidak merata dan tidak merata," kata Tedros pada Senin, 12 Juli dikutip dari laman WHO.

Baca Juga: Pemda DIY Tawarkan Insentif Bulanan Rp 7,5 Juta Bagi Relawan Covid-19

"Beberapa negara dan wilayah sebenarnya memesan jutaan dosis booster, sebelum negara lain memiliki pasokan untuk memvaksinasi pekerja kesehatan mereka dan yang paling rentan," imbuhnya.

Pihaknya pun mendorong produsen vaksin agar terlibat dalam COVAX, program berbagi vaksin terutama untuk negara-negara berpenghasilan menengah dan miskin.

Kepala Program kedaruratan WHO, Mike Ryan juga memberikan alasan yang senada. Pihaknya menolak vaksin booster diberikan saat sebagian negara masih belum terjangkau vaksin Covid-19.

Kemudian Kepala ilmuwan WHO Soumya Swaminathan, melihat sejauh ini badan kesehatan global belum melihat bukti bahwa booster atau dosis ketiga diperlukan bagi mereka yang telah menerima vaksin lengkap.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: REUTERS WHO


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x