2 Juta Vaksin Covid-19 dari Jepang Akan Tiba di Indonesia Bulan Juli 2021

- 30 Juni 2021, 09:01 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 yang tiba di Indonesia /
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 yang tiba di Indonesia / /Pixabay/DoroT Schenk

KABAR JOGLOSEMAR - Untuk mempercepat program vaksinasi di Indonesia, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi intens menjalin hubungan dengan Jepang terkait penanganan Covid-19 dan program vaksinasi.

Hasil dari intensitas hubungan diplomatik dengan Jepang adalah Indonesia akan menerima 2 juta vaksin Covid-19 dari Jepang bulan Juli mendatang. 

“Sebagai hasil dari komunikasi intensif tersebut dan juga kita ulang kembali dalam pertemuan dengan Menlu Jepang tadi maka Jepang akan menyumbangkan sekitar 2 juta dosis vaksin jadi untuk Indonesia," terang Retno.

Baca Juga: BPOM Terbit Izin Vaksin Sinovac, Presiden Jokowi : Anak-anak segera Divaksin

Retno menyampaikan vaksin dari Jepang akan tiba di Indonesia dalam dua tahap. Vaksin diperkirakan tiba pada awal Juli 2021. Sementara pengiriman kedua menurut rencana akan tiba pada pertengahan Juli 2021.

Selain itu, Retno juga berbicara dengan Menlu Jepang mengenai kerja sama di bidang obat-obatan terapeutik. Retno menyampaikan Menlu Jepang akan segera melihat kemungkinan kerja sama penyediaan obat-obatan terapeutik yang diperlukan Indonesia saat ini.

Retno juga menyampaikan mengenai isi komunikasinya dengan Menlu India. "Sementara dengan Menlu India, saya menyampaikan harapan agar izin ekspor beberapa obat-obatan terapeutik dari India ke Indonesia, yang saat ini diperlukan Indonesia, agar dapat diberi kelonggaran," jelasnya.

Baca Juga: Dr Tirta Beri Penjelasan Soal Jerinx SID dan Endorse Covid-19

Permintaan itu disampaikan mengingat India memberlakukan pembatasan sementara ekspor vaksin dan obat-obatan karena situasi Covid-19 yang tengah melonjak. Permintaan Indonesia dipertimbangkan secara positif oleh India dan Indonesia telah menyampaikan rincian obat-obatan yang diperlukan saat ini.***

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x