Roy Suryo : Itu Benar Meteor Tapi Tidak Masuk ke Kawah Gunung Merapi

- 28 Mei 2021, 21:41 WIB
Foto viral diduga meteor jatuh di puncak Gunung Merapi perbatasan Jogja Jateng
Foto viral diduga meteor jatuh di puncak Gunung Merapi perbatasan Jogja Jateng /Dok pribadi Gunarto Song

KABAR JOGLOSEMAR - Pakar Telematika Roy Suryo membenarkan bahwa kilatan cahaya yang jatuh di "puncak" Gunung Merapi yang diabadikan oleh seorang fotografer bernama Gunarto Song pada Kamis, 27 Mei 2021 23.07 WIB. Namun, menurut Roy Suryo, meteor tersebut tidak jatuh ke kawah Gunung Merapi tapi di belakangnya.

"Banyak yang meragukan foto tersebutb, tetapi Insya Allah saya percaya benar Meteor. Hanya memang karena sudut fotografer yang "menguntungkan" maka "seolaholah" Meteor tersebut "masuk" ke kawah Gunung Merapi, padahal jauh di belakangnya," kata Roy Suryo ketika dihubungi Kabar Joglosemar pada hari Jumat, 28 Mei 2021.

Baca Juga: Viral Foto Diduga Meteor Jatuh di Puncak Merapi, Mbah Mijan sebuh Ada Rapat Serius Para Sesepuh

Menurut Roy Suryo, angle fotografer dalam mengabadikan obyek meteor yang jatuh tersebut sangat bagus sehingga seolah-olah meteor itu masuk ke dalam kawah Gunung Merapi.

Seperti diketahui, fotografer Gunarto Song cukup beruntung karena berhasil mengabadikan sebuah kilatan cahaya yang menusuk puncak Gunung Merapi pada Kamis, 27 Mei 2021 pukul 23.07 WIB. Kilatan cahaya yang diabadikan Gunarto Wong itu, menurut Roy Suryo adalah benar meteor.

Gunarto Wong sendiri mengaku tidak menyangka bisa mendapatkan obyek foto menarik malam itu. Ia pun kemudian mengunggah foto hasil bidikannya itu ke akun Instagramnya, @gunarto_song pada hari Jumat, 28 Mei 2021.

Ia pun memberi keterangan atau caption foto tersebut dengan menulis : "Meteor jatuh di puncak Gunung Merapi?? Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta (27 Mei 2021 jam 23.07 WIB)."

Baca Juga: Soal Foto Viral Diduga Meteor Jatuh di Puncak Merapi, BPPTKG: Tidak Ada Suara dan Kegempaan

Gunarto Wong saat dikonfirmasi Kabar Joglosemar mengatakan bahwa foto yang diduga meteor itu jatuh di puncak Gunung Merapi itu merupakan hasil potret yang diambil sendiri melalui kamera miliknya.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x