Presiden Jokowi Tanggapi 75 Pegawai KPK Tak Lolos TWK, Begini Komentar Netizen

- 18 Mei 2021, 08:56 WIB
Presiden Jokowi soal pegawai KPK yang tidak lolos TWK
Presiden Jokowi soal pegawai KPK yang tidak lolos TWK /YouTube/Sekretariat Presiden

KABAR JOGLOSEMAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya buka suara terkait 75 pegawai KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) yang tidak lolos TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) sehingga gagal menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara).

Menurut Presiden Jokowi, hasil Tes Wawasan Kebangsaan terhadap pegawai KPK hendaknya tidak serta-merta menjadi dasar untuk memberhentikan 75 pegawai KPK yang tidak lulus.

Kalau pun ada kekurangan, menurut Presiden Jokowi, bisa diperbaiki melalui pendidikan kedinasan tentang wawasan kebangsaan.

Baca Juga: Anak Pedangdut Rita Sugiarto Ditangkap Polisi Terkait Kasus Narkoba

Presiden Jokowi pun mengatakan sependapat dengan pertimbangan Mahkamah Konstitusi bahwa proses peralihan status pegawai KPK menjadi ASN tidak boleh merugikan hak pegawai KPK untuk diangkat menjadi ASN.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi meminta pihak terkait agar merancang tindak lanjut bagi 75 pegawai KPK teresebut.

"Saya berpendapat, hasil tes wawasan kebangsaan terhadap pegawai KPK, hendaknya tidak serta-merta jadi dasar untuk memberhentikan 75 pegawai yang dinyatakan tidak lulus tes. Kalau ada kekurangan, tentu bisa diperbaiki melalui pendidikan kedinasan tentang wawasan kebangsaan," tulis Presiden Jokowi dikutip Kabar Joglosemar dari akun twitter @jokowi yang diunggah pada Senin, 17 Mei 2021.

Pendapat Jokowi di Twitter soal TKW KPK
Pendapat Jokowi di Twitter soal TKW KPK tangkapan layar Twitter @jokowi

"Saya sependapat dengan pertimbangan Mahkamah Konstitusi, bahwa proses pengalihan status pegawai KPK menjadi ASN tidak boleh merugikan hak pegawai KPK untuk diangkat menjadi ASN. Saya minta kepada para pihak yang terkait untuk merancang tindak lanjut bagi 75 pegawai KPK ini," tambah Presiden Jokowi.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x