Kasus Positif Meningkat, Rakyat Harus Mendukung Pemerintah Melawan COVID-19

- 27 Januari 2021, 10:47 WIB
Ilustrasi corona
Ilustrasi corona /pixabay/coyot
 
KABAR JOGLOSEMAR - Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk menekan bahkan menghentikan penularan atau penyebaran COVID-19. Upaya tersebut seperti menerapkan PSBB, PPKM hingga program vaksinasi.
 
Namun, upaya tersebut hingga kini belum berhasil menekan atau menghentikan penularan atau penyebaran virus corona atau COVID-19. Buktinya, kasus positif COVID-19 terus meningkat.
 
Karena itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengajak rakyat atau masyarakat agar bersama-sama pemerintah bahu-membahu melawan atau menghentikan penularan atau penyebaran COVID-19.
 
Cara yang paling mudah dilakukan oleh masyarakat adalah dengan mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan disiplin, mengikuti program vaksinasi, saling mengingatkan satu sama lain agar benar-benar menerapkan protokol kesehatan, yakni wajib memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak dengan menghindari kerumunan.
 
Bila semua itu benar-benar dilakukan dan diterapkan oleh masyarakat diyakini  penularan atau penyebaran COVID-19 pasti terhenti atau minimal berkurang. Dengan demikian, kasus positif bahkan yang meninggal dunia pun berkurang bahkan hilang.
 
Menurut Menkes Budi Gunadi yang dikutip Kabar Joglosemar dari laman kominfo, kenaikan kasus positif COVID-19 yang menembus angka 1 juta lebih menjadi momentum bagi semua pihak, rakyat dan pemerintah untuk bersatu melawan COVID-19.
 
Dikatakan, kenaikan jumlah kasus positif harus menjadi momentum bagi semua pihak untuk sadar dan berduka dengan adanya anggota keluarga, sahabat, perawat, dokter dan tenaga medis lainnya yang menjadi korban COVID-19.
 
"Penambahan kasus positif sehingga menembus angka1 juta mendorong semua pihak untuk  merenung. Ada dua momen penting yang harus disadari, yakni saatnya semua pihak berduka atas banyaknya saudara kita yang wafat akibatCOVID-19. Dan kita juga harus sadar untuk bekerja sangat keras agar pengorbanan yang sudah mereka lakukan, terutama tenaga kesehatan sebagai garda terdepanpenanangan COVID-19, tidak sia-sia,” kate Menkes Budi Gunadi.
 
Menkes mengutip para epidemiolog yang menekankan bahwa yang utama harus dilakukan adalah  mengurangi laju penyebaran atau penularan virus Covid-19. Karena itu, saat ini harus benar-benar dipahami oleh semua pihak agar bersama-sama pemerintah secara konsisten dan terkoordinasi menjalankannya. ***

Editor: Galih Wijaya

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x