Tol Bakauheni-Palembang Diresmikan, Waktu Tempuh dari 12 Jam Jadi 3,5 Jam

- 26 Januari 2021, 20:03 WIB
Ilustrasi jalan tol
Ilustrasi jalan tol /Pixabay/Alexas_photo
 
KABAR JOGLOSEMAR - Satu lagi ruas jalan tol beroperasi di Indonesia setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada hari Selasa, 26 Januari 2021.
 
Tol yang diresmikan itu menghubungkan Kayu Agung-Palembang sepanjang 42,5 kilometer. Tol ini merupakan bagian dari dari Jalan Tol Kapalbetung atau Kayu Agung-Palembang-Betung dengan panjang total 111,69 kilometer.
 
Dengan telah diresmikan jalan tol tersebut oleh Presiden Jokowi maka jalan tol ini sudah bisa digunakan oleh masyarakat. Dengan melewati jalan tol tersebut maka kini waktu tempuh Bakauheni-Palembang hanya 3,5 jam dari sebelumnya selama 12 jam.

“Alhamdulillah jalan tol Kayu Agung- Palembang sepanjang 42,5 kilometer sudah selesai, sudah rampung dan siap digunakan oleh masarakat mulai hari ini,” kata Presiden Jokowi dalam sambutan pada peresmian ruas tol itu di Gerbang Tol Kramasan, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Selasa (26/1/2021).

Presiden Jokowi yang dikutip Kabar Joglosemar dari laman resmi Kominfo, mengatakan, jalan tol yang baru diresmikan ini merupakan poros utama dari keseluruhan jalan tol trans-Sumatera.
 
Ruas tol Kayu Agung-Palembang saat ini telah terhubung dengan jalan tol trans-Sumatera lainnya, yakni TPPK (Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung) yang telah diresmikan Presiden pada 15 November 2019 lalu. Dengan demikian Provinsi Lampung kini telah semakin terkoneksi dengan Provinsi Sumatera Selatan.
 
Dengan demikian, waktu tempuh dari Pelabuhan Bakauheni Lampung ke Palembang dengan jarak 373 kilometer kini lebih singkat secara signifikan. Sebelumnya, dalam jarak yang sama harus ditempuh melalui perjalanan darat selama 12 jam, namun saat ini masyarakat yang hendak melewati jalur tersebut hanya memerlukan waktu selama 3 hingga 3,5 jam.
 
“Ini merupakan sebuah lompatan besar karena menghemat waktu tempuh hingga 75 persen. Efisiensi ini jelas akan memberikan kontribusi pada penurunan biaya logistik dan akan memberikan daya saing yang besar bagi Palembang dan Lampung,” kata Presiden Jokowi.
 
Peresmian ruas tersebut semakin menambah daftar panjang ruas tol bagian dari trans-Sumatera dengan total panjang ruas tol yang sudah beroperasi mencapai 2.992 kilometer.
 
Dan sampai saat ini, 657 kilometer ruas jalan tol di sepanjang trans Sumatera sudah bisa digunakan, 608 kilometer dalam tahap konstruksi, 430 kilometer memasuki persiapan konstruksi dan direncanakan pembangunan untuk 1.297 kilometer lainnya akan segera menyusul.
 
“Jalan tol ini tidak hanya menghubungkan antarwilayah antardaerah, tapi juga untuk membangkitkan perekonomian di Pulau Sumatera, khususnya di Provinsi Sumatera Selatan. Selain itu, menumbuhkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dan mengembangkan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi yang produktif,” kata Presiden Jokowi.
 
Untuk itu, Presiden Jokowi meminta pemerintah daerah aga memanfaatkan kehadiran jalan tol tersebut untuk memajukan wilayah masing-masing. Presiden melihat adanya potensi besar pengembangan wilayah di lokasi-lokasi yang dilintasi jalan tol tersebut seperti pertanian, perkebunan, pariwisata hingga sentra ekonomi lainnya.

Dalam kunjungan kerja hari ini, Presiden Jokowi juga meninjau ruas tol tersebut mulai dari gerbang tol Kramasan hingga Jakabaring sepanjang 9 kilometer dan Jembatan Ogan yang menjadi ciri khas dari ruas tol tersebut.

Acara peresmian ruas tol tersebut juga dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. ***

Editor: Galih Wijaya

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x