Tiga Bansos Ini Disalurkan Mulai 4 Januari 2021

- 2 Januari 2021, 07:35 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini
Menteri Sosial Tri Rismaharini /Kemensos.go.id

 

KABAR JOGLOEMAR - Kementerian Sosial (Kemensos) akan menyalurkan 3 jenis dana bantuan sosial (bansos) kepada keluarga penerima manfaat (KPM) atau mereka yang berhak mulai 4 Januari 2021.

Ketiga jenis bansos tersebut adalah Bantuan Sosial Tunai (BST), Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bansos Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Ketiga jenis program bansos tersebut merupakan kelanjutan dari program Kemensos tahun 2021. Agar program bansos tersebut disalurkan secara serentak tepat waktu dan tepat sasaran, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meminta jajarannya untuk bekerja keras dan nonstop.

"Saya minta kita semua agar tidak ada libur. Sebab, sesuai instruksi Bapak Presiden, pada minggu pertama bulan Januari bantuan tersebut sudah bisa disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM),” kata Mensos Risma seperti dikutip Kabar Joglosemar dari laman resmi Kementerian Sosial RI.

Baca Juga: Hari Jumat Baca Surat Al Kahfi Agar Selalu Disinari Cahaya Diantara Dua Jumat

Usai mengikuti rapat terbatas di Istana Negara (29/12). Rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, itu membahas rencana pelaksanaan bansos tahun 2021.

Sebelum menyalurkan bansos tersebut, Kemensos melakukan finalisasi data KPM dengan daerah. Menurut Mensos Risma, Presiden Joko Widodo telah mengingatkan bahwa ada kebutuhan di daerah untuk segera mencairkan bansos tersebut kepada KPM. Sebab, dana bansos berdampak signifikan terhadap perputaran roda perekonomian di daerah.

Penyaluran dana bansos tersebut juga akan menggerakkan ekonomi di daerah. Mensos Risma memberi gambaran, kalau bansos sembako rata-rata senilai Rp 3,76 triliun per bulan,maka bila dibagi 514 kabupaten/kota, maka ada sekitar Rp 60 miliar di tiap daerah.

Baca Juga: Simak 5 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Lewat SMS dan ATM

Halaman:

Editor: Michael L W

Sumber: Kemensos RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x