Data BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 4 Sudah Sesuai Syarat Tapi Belum Divalidasi? Lakukan Ini!

- 24 September 2020, 21:00 WIB
BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 4 sudah cair (ilustrasi)
BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 4 sudah cair (ilustrasi) /

KABAR JOGLOSEMAR - Pemerintah melalui Kemnaker telah resmi menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BPJS Ketenagakerjaan Tahap 4 kepada penerima pada tanggal 23 September 2020.

Namun, pencairan tersebut tidak semuanya berjalan lancar. Ditemui beberapa kendala yang membuat pencairan belum sampai ke rekening penerima. 

Salah satu kendala yang dikeluhkan oleh penerima adalah  persyaratan penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 4 sudah lengkap namun belum divalidasi.

Baca Juga: Wajib Penuhi Syarat Ini Agar Lolos Daftar Kartu Prakerja Gelombang 10

Calon penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 4 bisa membuat laporan langsung ke Kemnaker bila menemui kendala demikian.

Seperti yang dikutip oleh kabarjoglosemar.com dari Portal Jember dalam artikel yang berjudul Lakukan Ini Jika Data BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 4 Sudah Sesuai Syarat Tapi Belum Divalidasi dalam laman Kemnaker disebutkan bahwa.

“Data penerima Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah ini didasarkan pada data yang diberikan oleh pemberi kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, jika tidak tervalidasi maka pemberi kerja dapat melaporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan."

Berikut cara membuat laporan terkait pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 4 di laman Kemnaker:

1. Kunjungi https://bantuan.kemnaker.go.id/support/home

2. Pilih kotak Pengaduan Masalah Layanan Ketenagakerjaan

3. Masuk dengan No. KTP / No. HP / Email dan password

4. Buat laporan terkait masalah yang dialami

Baca Juga: 5 Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 10

Pihak Kemnaker juga menyampaikan bahwa pencairan dana BLTBPJS Ketenagakerjaan Tahap 4 sudah hampir seratus persen.

Berdasarkan data Kemnaker per 22 September 2020, realisasi penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 1 telah mencapai 2.484.429 orang atau 99,38 persen dari total penerima tahap I sebanyak 2,5 juta orang.

Untuk tahap 2, dana BLT BPJS Ketenagakerjaan sudah disalurkan ke 2.980.913 orang atau 99,36 persen dari total penerima tahap 2 sebanyak 3 juta orang.

Selanjutnya untuk tahap 3, pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan telah disalurkan ke 3.356.866 orang atau 95 persen dari total 3,5 juta orang.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Luhan, Kris, dan Tao Hengkang dari EXO pada Tahun 2015

Total Tahap I, II, dan III sebanyak 8.822.208 penerima atau 98,02 persen dari 9 juta orang.

Menaker Ida akan mencairkan BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 4 langsung ke rekening HIMBARA seperti Mandiri, BCA, BTN, BNI, dan BRI.

“Setelah diproses ke KPPN, selanjutnya KPPN akan mencairkan dana subsidi upah/gaji ke Bank Penyalur. Setelah itu, bank Penyalur akan segera transfer ke rekening penerima baik itu bank Himbara maupun bank Swasta lainnya. Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Bank Himbara selaku Bank Penyalur untuk mempercepat proses transfer,” ujar Menaker Ida.

Cek dana BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 4 sekarang ke rekening Anda.*** (Yunia Permadani Putri E/Portal Jember)

Editor: Sunti Melati

Sumber: Portal Jember


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x