Simak Deretan Bansos 2021 yang Bisa Dimanfaatkan sebagai Pengganti BLT BPJS Ketenagakerjaan 

- 12 Februari 2021, 14:10 WIB
Ilustrasi bantuan Bansos Kemensos
Ilustrasi bantuan Bansos Kemensos /Kabar Joglosemar/Galih Wijaya



KABAR JOGLOSEMAR
- Seperti diketahui, program BLT BPJS Ketenagakerjaan kini sudah diberhentikan sementara oleh pemerintah.

Pasalnya anggaran APBN 2021 tidak mencantumkan nama bantuan subsidi gaji tersebut. Artinya, tahun ini kemungkinan tidak ada lanjutan atau penerusan program BLT BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini telah diucapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah. Menurutnya, memang dana APBN 2021 tidak menyebut pengalokasian bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Berikut 15 Ucapan Selamat Hari Valentine Dalam Bahasa Inggris Beserta Arti untuk Pacar, Ortu, Maupun Sahabat

Baca Juga: Cek Bansos PKH Ibu Hamil Hingga Lansia Lewat cekbansos.siks.kemensos.go.id

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani telah memaparkan program PEN atau Pemulihan Ekonomi Nasional dengan total anggaran Rp553 triliun. Dalam PEN ada beberapa bansos yang masih dilanjutkan.

Sehingga, bagi mereka yang mungkin merasa kecewa terkait BLT BPJS Ketenagakerjaan, masih ada harapan untuk mendapatkan beberapa bansos  lain yang bisa dimanfaatkan.

Dilansir KabarJoglosemar.com dari berbagai sumber, berikut deretan bansos yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti bantuan subsidi gaji tersebut.

Baca Juga: Laporkan dr. Richard Lee ke Polisi, Kartika Putri: Suami Dibully Gara-gara Aku

Baca Juga: Terkait Perseteruan dengan dr Richard Lee, Kartika Putri: Tolong Jangan Fitnah
 
1. Pra Kerja

Program kartu prakerja bisa dimanfaatkan bagi mereka korban PKH ataupun calon pekerja yang memiliki kesulitan untuk mencari kerja.

Meskipun belum dibuka secara resmi untuk tahun 2021, program ini pun kabarnya akan ada dana anggaran pemerintah yang digelontorkan senilai 10 triliun Rupiah.

2. Bansos BST

Bansos BST adalah bantuan pemerintah melalui Kementerian Sosial yang menarget 10 juta keluarga tidak mampu yang telah terdaftar.

Baca Juga: Simak, Bagini Cara Daftar DTKS Kemensos untuk Bansos 2021 PKH, BPNT, BST

Baca Juga: 16 Referensi Kado Valentine Romantis Untuk Pasangan 

Bansos BST yang dimana setiap KPM terdaftar perbulannya mendapatkan uang tunai Rp300 ribu, telah cair sejak 4 Januari yang lalu dan akan terus dilakukan proses pencairannya sampai bulan April 2021.

3. Bansos UMKM (BPUM)

Bantuan sosial UMKM merupakan bantuan tunai sebesar 2,4 juta Rupiah yang disalurkan untuk para pelaku usaha mikro terdaftar.

Untuk saat ini, penyaluran bansos tersebut masih terus disalurkan khusus untuk pelaku umkm yang telah mendaftar tahun lalu. 

Seperti contoh, untuk penyaluran via bank BRI diperpanjang hingga 18 Februari 2021.
 
 
Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 12 Februari 2021, Sedang Kecewa Andin Tetap Penuhi Janji Reyna Jadi Putri Pangeran

4.Bansos BNPT

BNPT merupakan bantuan sosial berupa kartu sembako. Seperti namanya, program ini memungkinkan para KPM terdaftar mendapatkan kartu elektronik berisi saldo 200 ribu Rupiah.
 
Saldo tersebut akan didapatkan perbulan selama tahun 2021 yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk membeli sembako di e-warong.

5. Bansos PKH
 
Program Keluarga Harapan atau PKH merupakan program bantuan sosial dari pemerintah melalui Kemensos. Bansos ini disalurkan dalam 4 tahap yakni Januari, April, Juli, Oktober.

Bansos PKH memungkinkan para anggota keluarga yang ada dalam KPM terdaftar untuk mendapatkan sejumlah bantuan tunai. Untuk lebih lengkapnya bisa kunjungi langsung di laman Kemensos https://kemensos.go.id.***

Editor: Sunti Melati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x