Program Kartu Prakerja Jadi Pengganti BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021? Ini Kata Menaker Ida

- 7 Februari 2021, 15:29 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah /Instagram.com/ @idafauziyahnu

KABAR JOGLOSEMAR - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyampaikan jika dana bantuan subsidi upah (BSU) tahun 2021 tidak ada alokasinya di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021.

Para pekerja pun mempertanyakan apakah ada pengganti BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021? Menaker Ida mengakui sampai awal Februari 2021, tidak ada rencana pengadaan BSU atau yang dikenal BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021.

Menaker Ida membeberkan kalau ada program Kartu Prakerja yang masih akan dilanjutkan pada tahun 2021. Program Kartu Prakerja bakal jadi pengganti BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021?

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 7 Februari: Selamatkan Papa Surya, Andin Yakin Kalau Aldebaran Tulus

Baca Juga: Kemnaker Siapkan Pengganti Subsidi Gaji yang Dihentikan di 2021

“Kita tidak menggunakan subsidi upah, tapi program Kartu Prakerja yang di situ ada insentifnya tetap dilanjutkan,” ungkap Menaker Ida saat melakukan kunjungan di Cikarang, Jawa Barat, pada Rabu 3 Februari 2021.

Disampaikan Menaker Ida, alokasi dana yang diberikan untuk program Kartu Prakerja cukup besar, yakni sekitar Rp20 triliun. Sedangkan sampai sekarang tidak ada alokasi anggaran BSU di APBN 2021.

“Subisidi Upah di APBN 2021 sampai sekarang memang tidak dialokasikan, karena konsentrasi pada program Kartu Prakerja,” ungkap Menaker Ida.

Baca Juga: Benarkah Pelatihan Vokasi Adalah Pengganti Subsidi Gaji 2021? Ini Faktanya

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x