UMKM Harus Bermitra dengan Perusahaan Besar untuk Meningkatkan Daya Saing

- 20 Januari 2021, 14:29 WIB
Ilustrasi produk UMKM.
Ilustrasi produk UMKM. /PIXABAY/StockSnap

KABAR JOGLOSEMAR - Untuk menghadapi persaingan dan tantangan yang semakin berat, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) harus bermitra dengan perusahaan-perusahaan besar.

Kemitraan dengan perusahaan besar dengan prinsip saling menguntugnkan itu juga dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing UMKM di pasar global.

Menurut Prsiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara Penandatanganan Kerja Sama Dalam Rangka Kemitraan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) secara virtual, Senin, 18 Januari 2021, kemitraan sangat penting bagi UMKM agar bisa tumbuh dengan kompetitif dan dapat berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan.

Baca Juga: Kominfo Bakal Perluas Jaringan 4G pada Lima Destinasi Wisata Super Prioritas

Baca Juga: 5 Fakta Unik Drakor She Would Never Know yang Dibintangi Rowoon SF9

Dikatakan, kemitraan UMKM dengan usaha besar sangat penting agar UMKM bisa masuk dalam rantai produksi global, meningkatkan peluang UMKM untuk naik kelas dan meningkatkan kualitas UMKM agar menjadi lebih kompetitif.

Karena itu, Presiden Jokowi meminta instansi terkait agar dapat menjamin kontrak kerja yang ditandatangani sejumlah pihak dan bisa memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Langkah yang bisa dilakukan dengan memastikan kerja sama tersebut berlangsung secara berkelanjutan.

Baca Juga: Jelang Pelantikan Biden, 12 Tentara Pengawal Garda Nasional AS Dicopot

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x