Kominfo Lanjutkan 3 Program Ini untuk Pulihkan Ekonomi di Kawasan Wisata

- 20 Januari 2021, 10:57 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G. Plate
Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G. Plate /Dok. Humas Kementerian Kominfo
 
KABAR JOGLOSEMAR - Pandemi COVID-19 sejak Maret 2020 telah melumpuhkan ekonomi, terutama di kawasan wisata. Karena itu, Kemenerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan melanjutkan 3 program unggulan untuk memulihkan ekonomi di kawasan wisata, terutama di Destinasi Pariwisata Super Prioritas(DPSP)
 
Upaya pemulihan ekonomi di kawasan wisata tersebut akan dilakukan Kominfo bekerjasam atau berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf).
 
Dalam upaya pemulihan ekonomi tersebut, menurut Menteri Kominfo Johnny G Plate, 3 program Kominfo akan dilanjutkan pada tahun 2021 ini.
 
Ketiga program tersebut program pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, program pertukaran data serta pelatihan untuk penunjang kepariwisataan.
 
Dikatakan, kementerian yang dipimpinnya akan saling menukar informasi, terutama update data lapangan dalam rangka saling mendukung. Hal ini sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni kerja kolaborasi, kerja bersama-sama dan bersama-sama kerja, untuk  menghadapi tantangan bersama mengakhiri dan memutus rantai Covid-19 serta pemulihan perekonomian nasional.
 
Menurut Johny G Plate yang dikutip Kabar Joglosemar dari laman resmi kominfo, pihaknya juga akan melanjutkan upaya penyediaan sinyal di seluruh wilayah administratif pemerintahan dan pemukiman penduduk, terutama di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).
 
Hal ini dilakukan mulai dari pembangunan infrastruktur, khususnya wilayah 3T, dan mengajak operator seluler guna menyelesaikan secara simultan pembangunan BTS di  wilayah-wilayah komersial.
 
Dengan demikian pada tahun 2022 nanti, jaringan telekomunikasi tersedia untuk 2G, 3G dan secara khusus 4G.
 
Selain itu, menurut Menteri Kominfo, pihaknya juga memberi dukungan untuk program Kementerian Parekraf yang berkaitan dengan smart travellers dan smart destinations.
 
"Kami berdiskusi tentang bagaimana exchange data atau pertukaran data di bawah payung hukum dan undang-undang, untuk saling mendukung dalam kegiatan kepariwisataan yang berbasis smarttravellers dan smart destination. Kominfo tentu membantu kesiapan sinyal 4G yang memadai baik kecepatannya maupun kualitas sinyal," kata Johny G Plate.
 
Ia menambahkan bahwa Kominfo juga memberikan dukungan untuk menunjang pelaku UMKM dan Ultra Mikro bidang kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif.
 
"Kami dukung melalui pelatihan-pelatihan digital untuk mendukung perspektif dan roadmap Indonesia menuju atau menjadi bangsa digital," katanya.
 
Dikatakan, bersama Kementerian Parekraf pihaknya juga akan bekerja bersama-sama memastikan destinasi wisata super prioritas bisa menjadi bagian dari percepatan pemulihan ekonomi nasional.
 
"Destinasi wisata super prioritas akan bergerak cepat pada saat mata rantai Covid-19 putus di Indonesia. Mari kita bersama-sama saling mendukung, kerja kolaborasi berkoordinasi dan mencapai usaha bersama,"  ajak Johny G Plate. ***

Editor: Galih Wijaya

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x