Wafat di Usia 72 Tahun, Berikut Profil dan Jejak Karir Ki Manteb Sudharsono

- 2 Juli 2021, 12:20 WIB
Profil dan biodata lengkap Ki Manteb Soedharsono, dalang wayang kulit terkenal di Indonesia, meninggal dunia pada usia 72 tahun
Profil dan biodata lengkap Ki Manteb Soedharsono, dalang wayang kulit terkenal di Indonesia, meninggal dunia pada usia 72 tahun /Tangkap layar Instagram @ki_manteb_soedharsono_official

KABAR JOGLOSEMAR - Meninggalnya dalang kenamaan Ki Manteb Sudharsono mengejutkan publik. Dalang yang meninggal di usia 72 tahun diduga kelelahan setelah menjalani serangkaian pementasan Wayang.

Mungkin belum banyak yang mengetahui profil dan sepak terjang Ki Manteb di dunia perdalangan. Berikut rekam karir Ki Manteb dan profil pribadinya.

Ki Manteb Sudharsono adalah dayang wayang kulit ternama yang berasal dari Jawa Tengah. Ia dijuluki sebagai Dalang Setan karena kepiawaiannya dalam memainkan wayang kulit.

Baca Juga: Dalang Kondang Ki Manteb Sudharsono Meninggal Dunia, Diduga Karena Kelelahan

Dalang kelahiran Sukoharjo 31 Agustus 1948 ini menjadi mualaf setelah melihat kegigihan putranya dalam beragama.

Tidak berapa lama ia mendirikan masjid di rumahnya yang berada di Dusun Sakiteran, Kelurahan Doplang, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah.

Kakek 14 cucu ini pada tahun 2011 membuat berita mengejutkan. Ia melangsungkan pernikahan ketujuhnya dengan wanita bernama Beni Syamsyiah yang berusia 37 tahun. Sedangkan pada saat itu, ia sendiri berusia 63 tahun.

Baca Juga: Dalang Ki Manteb Sudarsono Meninggal Dunia, Sempat Didiagnosis Positif Covid-19

Pernikahan yang terjadi hanya berselang 2 bulan semenjak perceraiannya dengan istri keenamnya ini dilangsungkan di Masjid Raya Fatimah, Solo pada tanggal 24 November 2011.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X