Klaster Baru Kerumunan Acara Habib Rizieq Shihab, Kemenkes Imbau yang Hadir Isolasi Mandiri 14 Hari

- 22 November 2020, 22:30 WIB
Suasana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di rumah Habib Rizieq Shihab, Sabtu, 14 November 2020.
Suasana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di rumah Habib Rizieq Shihab, Sabtu, 14 November 2020. /Tangkap layar YouTube/Front TV

KABAR JOGLOSEMAR - Imbauan protokol kesehatan untuk memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak tampaknya tidak bisa sepenuhnya dipatuhi oleh masyarakat.

Justru, belum lama ini terjadi kerumunan massa yang cukup besar dan tentunya berisiko tinggi terjadinya penularan virus corona yang masih belum ditemukan vaksinnya.

Kerumunan massa tersebut terjadi di dua lokasi namun keduanya sama-sama merupakan acara yang dihadari oleh Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab (HRS).

Baca Juga: Terus Bertambah, Kasus Positif Virus Corona Peserta Kerumunan Acara Habib Rizieq

Seperti diberitakan sebelumnya, kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia menimbulkan animo yang sangat besar di kalangan pendukungnya. Mereka pun berbondong-bondong menyambut kepulangan HRS di Bandara Soekarno-Hatta dan menyebabkan kemacetan.

Belum reda, kerumunan massa kembali terjadi saat Habib Rizieq menggelar acara pernikahan putrinya.

Seperti dilansir oleh Kabar Joglosemar dari Pikiran-Rakyat dalam artikel yang berjudul Imbas Kerumunan di Petamburan dan Tebet, 80 Orang Positif Covid-19 hingga Kemenkes Beri Imbauan Pelaksana Tugas Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Budi Hidayat mengatakan sebanyak 80 orang pada kerumunan di Petamburan dan Tebet terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal itu disampaikan melalui konferensi pers di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta pada Minggu, 22 November 2020 yang ditayangkan melalui kanal Youtube resmi BNPB Indonesia.

Berdasarkan pemeriksaan tes PCR yang dilakukan di laboratorium kesehatan daerah (Labkesdar) sampai 21 November 2020, terdapat total 80 orang yang dinyatakan Positif Covid-19 dari dua wilayah, yakni Petamburan dan Tebet.

Baca Juga: Gunung Merapi Bisa Meletus Kapan Saja, 4 Kabupaten di Jogja dan Jawa Tengah Siap-siap!

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x