Merapi Siaga, Kabupaten Boyolali Fokus Tangani Warga di KRB III

- 11 November 2020, 11:51 WIB
Gunung Merapi.
Gunung Merapi. /merapi.bgl.esdm.go.id

KABAR JOGLOSEMAR - Pada 5 November 2020, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menaikkan status Gunung Merapi ke level III atau Siaga.

Terkait dengan hal itu, 4 kabupaten yang berhubungan langsung Gunung Merapi, yakni Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten, ketiganya termasuk wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Sleman, DIY, diminta melakukan sejumlah persiapan.

Untuk Kabupaten Boyolali, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat melakukan upaya penanangan siaga darurat sebagai upaya antisipasi setelah status Gunung Merapi naik menjadi Siaga (Level III).

Baca Juga: Hindari Bahaya Erupsi Merapi, Masyarakat Bisa Cek Posisi Kawasan Rawan Bencana

Upaya yang dilakukan adalah fokus pada penanganan wilayah yang masuk dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi yakni Desa Jrakah, Desa Klakah dan Desa Tlogolele, ketiganya berada di wilayah Kecamatan Selo.

Seperti dikutip Kabar Joglosemar dari Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), upaya yang telah dilakukan adalah mempersiapkan jalur evakuasi untuk warga, menetapkan titik kumpul evakuasi, melakukan gladi lapang terkait pelaksanaan evakuasi, dapur umum dan evakuasi ke desa penyangga.

Selain itu, BPBD Kabupaten Boyolali telah melakukan sosialisasi terkait implementasi sister village pada masa pandemi, antara Desa Tlogolele di Kabupaten Boyolali dengan Desa Mertoyudan dan Desa Bumirejo yang masuk wilayah administrasi Kabupaten Magelang.

Untuk memenuhi kebutuhan warga yang mengungsi, tim BPBD Kabupaten Boyolali melakukan distribusi logistik berupa bahan pangan dan masker ke TPPS di Desa Tlogolele, Desa Klakah dan Desa Jrakah.

Selain itu, tim juga menempatkan alat transportasi berupa mobil truk untuk membantu warga dalam melakukan evakuasi di Desa Klakah.

Kemudian dilakukan pembaruan pendataan penduduk termasuk yang usia rentan, ternak dan kendaraan di wilayah KRB III. Sementara sosialisasi terkait informasi terkini juga terus disampaikan agar masyarakat tidak panik.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x