Lupakan Konflik, Turki dan Yunani Saling Berkirim Dukungan Setelah Diguncang Gempa Magnitudo 7,0

- 31 Oktober 2020, 07:00 WIB
Situasi pasca gempa magnitudo 7,0 yang mengguncang Turki dan Yunani
Situasi pasca gempa magnitudo 7,0 yang mengguncang Turki dan Yunani /Twitter/@chaudhrytech

 

KABAR JOGLOSEMAR - Gempa berkekuatan magnitudo 7,0 yang mengguncang Turki dan Yunani pada Jumat, 30 Oktober 2020 seakan meredakan konflik di antara keduanya.

Baik Turki dan Yunani saling mengirimkan dukungan yang saling menguatkan dan melupakan konflik mereka.

"Saya baru saja menelepon Presiden @RTErdogan untuk menyampaikan belasungkawa atas hilangnya nyawa secara tragis akibat gempa bumi yang melanda kedua negara kita. Apapun perbedaan kita, inilah saat-saat ketika orang-orang kita perlu berdiri bersama," tulis Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis seperti dikutip KabarJoglosemar.com dari cuitan di akun Twitternya.

Baca Juga: Viral, Video Detik-detik Gempa Turki Terekam Live Streaming Seorang Gamer

Ungkapan belasungkawa itu juga langsung direspons oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

"Terima kasih, Tuan Perdana Menteri. Saya menyampaikan belasungkawa saya kepada seluruh Yunani atas nama saya sendiri dan rakyat Turki. Turki juga selalu siap membantu Yunani menyembuhkan luka-lukanya. Bahwa dua tetangga menunjukkan solidaritas di masa-masa sulit lebih berharga daripada banyak hal dalam hidup," tulis dia.

Dikutip dari AP News pada Sabtu, 31 Oktober 2020 pagi, Gempa bumi kuat melanda Laut Aegea pada hari Jumat antara pantai Turki dan pulau Samos di Yunani, menewaskan sedikitnya 19 orang dan melukai lebih dari 700 di tengah bangunan yang runtuh dan banjir, kata para pejabat.

Baca Juga: Doa untuk Ketenangan Hati dan Pikiran Serta Dijauhkan dari Perasaan Negatif sesuai Ajaran Rasulullah

Tsunami kecil melanda distrik Seferihisar di selatan Izmir, kota di Turki barat yang paling parah terkena dampak gempa, kata Haluk Ozener, direktur Kandilli Observatory and Earthquake Research Institute yang berbasis di Istanbul.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: Twitter AP News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x