Ratusan Warga Desa Kamongan dan Sudimoro Magelang Protes Soal Pertambangan di Alur Sungai Bebeng

- 29 Agustus 2023, 16:20 WIB
Warga Kamongan dan Sudimoro Magelang menggelar aksi demo untuk memprotes pertambangan di alur Sungai Bebeng, foto ilustrasi.
Warga Kamongan dan Sudimoro Magelang menggelar aksi demo untuk memprotes pertambangan di alur Sungai Bebeng, foto ilustrasi. /Antara/M Ibnu Chazar/

KABAR JOGLOSEMAR - Ratusan warga dari Desa Kamongan dan Sudimoro, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, menggelar demonstrasi pada hari Selasa, 29 Agustus 2023.

Adapun aksi demo ini bertujuan untuk mengecam keberlangsungan aktivitas pertambangan alat berat di alur Sungai Bebeng yang berhulu di Gunung Merapi.

Warga khawatir bahwa aktivitas pertambangan ini dapat mengancam pasokan air bersih mereka dan juga melanggar Peraturan Desa Kamongan.

Baca Juga: Jadwal Bioskop di Semarang Selasa, 29 Agustus 2023: Galaksi hingga The Moon

Koordinator aksi, Nurudin, yang berada di lokasi demonstrasi, menyampaikan bahwa lokasi pertambangan ini memiliki air bersih serta saluran irigasi yang penting bagi sektor pertanian.

Warga mendatangi langsung bekas lokasi pertambangan galian C yang ditinggalkan oleh para penambang, meskipun bekas galian masih terlihat jelas.

Mereka menuntut agar alat berat segera meninggalkan lokasi pertambangan ini.

Baca Juga: Video Fuji Utami Marah-marah Viral, Klarifikasi Info Pindah Lapak ke Shopee Live karena Banyak Diskon!

Aksi Demo Warga Desa Kamongan dan Sudimoro Magelang Soal Pertambangan di Wilayahnya

Warga Desa Kamongan dan Sudimoro yang melakukan aksi damai menolak aktivitas pertambangan di alur Sungai Bebeng, Magelang.
Warga Desa Kamongan dan Sudimoro yang melakukan aksi damai menolak aktivitas pertambangan di alur Sungai Bebeng, Magelang. //Dok.Diskominfo Magelang

Halaman:

Editor: Ayusandra A S A

Sumber: Diskominfo Magelang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x