Presiden Korea Utara Kim Jong Un Dikabarkan Koma

- 24 Agustus 2020, 11:21 WIB
Kim Jong-un
Kim Jong-un /Instagram

 

KABAR JOGLOSEMAR - Presiden Korea Utara, Kim Jong Un dikabarkan dalam keadaan koma. Hal tersebut diungkapkan oleh Chang Song-min, mantan ajudan mendiang presiden Korea Selatan Kim Dae-jung, berdasarkan laporan dari seorang intel.

"Saya menilai dia sedang koma, tapi hidupnya belum berakhir," katanya kepada media Korea Selatan seperti dikutip KabarJoglosemar.com dari New York Post pada Senin, 24 Agustus 2020.

Ia juga menyebut bahwa diketahui adik perempuan pemimpin Kim Jong Un, Kim Yo Jong, siap membantu memimpin negara.

Baca Juga: 10 Artis Korea yang Berikan Bantuan untuk Tangani COVID-19

"Struktur suksesi lengkap belum terbentuk, jadi Kim Yo-jong dikedepankan karena kekosongan tidak dapat dipertahankan untuk waktu yang lama," katanya.

Dari laporan intel Korea Selatan yang djterima, Kim Yo Jong saat ini menjabat sebagai "orang kedua secara de facto", meskipun dia belum ditunjuk sebagai penggantinya.

Dalam pertemuan tertutup dengan anggota parlemen, Badan Intelijen di daerah tersebut mengatakan peralihan kekuasaan sebagian bertujuan untuk "meredakan stres (Kim) dari pemerintahannya dan menghindari kesalahan jika terjadi kegagalan kebijakan," lapor Kantor Berita Yonhap.

Baca Juga: Pendaki Asal Wonogiri Meninggal saat Mendaki Gunung Lawu

"Kim Yo Jong, wakil direktur departemen pertama dari Komite Pusat Partai Pekerja, mengarahkan urusan negara secara keseluruhan berdasarkan delegasi," kata agensi tersebut.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: New York Post


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x