Aturan Baru WHO, Tidak Semua Anak Wajib Pakai Masker

- 23 Agustus 2020, 09:44 WIB
Ilustrasi anak kecil pakai masker.
Ilustrasi anak kecil pakai masker. /Fatherly

 

KABAR JOGLOSEMAR - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menerbitkan aturan baru terkait waktu yang tepat bagi anak menggunakan masker pada Jumat, 21 Agustus 2020. Tidak semua anak diwajibkan pakai masker. 

Dalam rekomendasinya, anak-anak berusia 12 tahun ke atas harus memakai masker untuk membantu mengatasi pandemi. Masker harus dipakai ketika jarak 1 meter tidak dapat dijamin dan adanya penularan.

Ini adalah pertama kalinya WHO mengeluarkan pedoman tentang masker untuk anak-anak. Aturan ini mulai diterbitkan kurang dari dua minggu sebelum siswa di Inggris kembali masuk ke sekolah.

Seperti dikutip KabarJoglosemar.com dari The Guardian pada Minggu, 23 Agustus 2020, meskipun sejumlah kecil sekolah termasuk sekolah menengah James Gillespie di Edinburgh dan sekolah dasar Eaton Mill di Milton Keynes telah mengatakan bahwa mereka akan mewajibkan anak-anak mengenakan masker, pemerintah mengatakan bahwa masker "tidak disarankan" untuk anak-anak sekolah dasar atau menengah.

Baca Juga: 10 Bentuk Rumah Tradisional Jawa yang Kian Langka

WHO menekankan bahwa lebih banyak data diperlukan untuk lebih memahami peran anak-anak dan remaja dalam penularan virus.

Panduannya mengatakan usia enam hingga 11 tahun diwajibkan pakai masker dengan pendekatan berbasis risiko. Faktor-faktor seperti tingkat penularan, kemampuan anak untuk menggunakan masker, dan pengawasan orang dewasa yang memadai harus dipertimbangkan.

Anak-anak berusia lima tahun ke bawah tidak boleh diharuskan memakai masker berdasarkan keselamatan dan minat anak secara keseluruhan.

"Ini didasarkan pada keamanan dan kepentingan seluruh anak dan kapasitas untuk menggunakan masker secara benar dengan bantuan minimal," kata WHO seperti dikutip dari AFP.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani

Sumber: The Guardian AFP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x