Dubes RI dan Staf KBRI di Pyongyang Tinggalkan Korea Utara, Ini Alasannya

- 24 Juli 2021, 15:30 WIB
Sejumlah staf KBRI di Pyongyang dan duta besar RI tinggalkan Korea Utara karena penguncian wilayah karena Covid-19
Sejumlah staf KBRI di Pyongyang dan duta besar RI tinggalkan Korea Utara karena penguncian wilayah karena Covid-19 /HRW

KABAR JOGLOSEMAR - Staf Kedutaan Besar RI (KBRI) di Pyongyang sekitar 15 orang juga duta besar, meninggalkan Korea Utara melalui China pada Jumat, 24 Juli 2021.

Dikabarkan mereka tiba di Dandong, Provinsi Liaoning, China, yang terpisahkan oleh sungai dengan wilayah Korut, Jumat. Mereka akan menjalani karantina selama 14 hari di China sebelum nantinya kembali ke Indonesia.

Tak hanya staf kedutaan RI, staf kedutaan Bulgaria juga dikabarkan termasuk dalam rombongan diplomat dan ekspatriat yang meninggalkan Korea Utara pada hari yang sama.

Baca Juga: Viral Video Perawat Diduga Ditusuk Keluarga Pasien di Ambarawa, Ini Penjelasan Sebenarnya dari Polisi

Alasan kepulangan duta besar dan diplomat di Pyongyang, Korea Utara rupanya karena merespons lockdown yang diberlakukan negara itu akibat pandemi Covid-19.

Juru bicara Kemenlu RI Teuku Faizasyah pada Kamis menyebutkan bahwa sejak akhir 2020 pemerintah Korea Utara telah mempersilakan perwakilan asing memulangkan staf diplomatik dari negara itu sementara waktu.

"Imbauan ini diberikan mengingat pemerintah Korea Utara telah melakukan lockdown dengan menutup akses lalu lintas orang dan barang," ujar Faizasyah seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Soal Seruan Demo 'Jokowi End Game', Yusri Yunus: Lihat Rumah Sakit dan Kuburan Sudah Penuh

"Kebijakan ini diberlakukan oleh pemerintah Korea Utara sejak awal pandemi hingga batas waktu yang belum ditentukan," imbuhnya. ***

Editor: Galih Wijaya

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x