Hari Keempat PPKM Darurat, Pandemi Sudah Level Empat

- 7 Juli 2021, 02:04 WIB
Hari pertama PPKM Darurat, suasana PKL Malioboro tutup
Hari pertama PPKM Darurat, suasana PKL Malioboro tutup /Dok. Satgas Covid-19 Kota Jogja

KABAR JOGLOSEMAR - Penerapan PPKM Darurat sudah memasuki hari keempat sejak 3 Juli 2021.

Hingga hari keempat pelaksanaan PPKM Darurat pada hari Selasa 6 Juli 2021, sebanyak 48 Kabupaten/Kota dinilai berada pada pandemi level 4 dan 74 kabupaten/kota berada di level 3.

Menurut Jodi Mahardi, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, untuk level 3 bermakna situasi penularan di tingkat komunitas bertambah tinggi, sedangkan kapasitas tambahan untuk merespons terbatas dan layanan kesehatan menjadi kewalahan.

Baca Juga: 5 Minuman Bisa Meningkatkan Imun Tubuh

Sementara level 4 bermakna penularan tidak terkontrol dan kapasitas respons sistem kesehatan sangat terbatas dan tidak ada tambahan kapasitas yang tersedia.

Dengan demikian, perlu ada tindakan ekstensif guna menghindari layanan kesehatan kelebihan beban yang menyebabkan morbiditas dan mortalitas terus naik.

Jordi Mahardi yang dilansir Kabar Joglosemar pada hari Selasa, 6 Juli 2021, mengatakan, pemerintah daerah perlu memahami kondisi tersebut agar bisa mengambil langkah yang tepat.

Baca Juga: Viral, Oknum PNS Ini Lari Terbirit-birit Usai Terciduk Satpol PP Nongkrong di Warung Kopi

Jodi juga mengajak semua pihak agar bersama-sama bekerja keras, bergotong-royong agar level situasi yang saat ini di level tertinggi 4 dan level 3 segera turun.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: covid19. go id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x