Waspada, Gejala Baru Covid-19 Kini Tak Hanya Demam dan Batuk

- 19 Juni 2021, 08:17 WIB
Ilustrasi Covid-19
Ilustrasi Covid-19 /Freepik

KABAR JOGLOSEMAR - Mutasi virus Covid-19 yang cepat dan berubah-ubah membuat gejala Covid-19 tidak lagi sama seperti satu tahun lalu. Ada perubahan dan penambahan gejala, kini gejala Covid-19 bukan hanya batuk dan demam tapi ada varian lain yang perlu diwaspadai.

Seorang peneliti gejala Covid-19 terkemuka mendesak pemerintah untuk memperbarui daftar gejala 'klasik' atau gejala umum dari virus Corona. Peneliti bernama Profesor Tim Spector mengatakan gejala umum dari virus ini telah bertambah, bukan hanya demam dan batuk.

Salah satu pendiri studi gejala Covid ZOE sekaligus ahli epidemiologi di King's College ini mengungkapkan kini bersin menjadi salah satu tanda Covid-19 yang paling umum. Berdasarkan data terbaru, ada beberapa gejala lain yaitu sakit kepala, pilek, dan sakit tenggorokan.

Baca Juga: Sultan HB X Pertimbangkan Lockdown, Pemkot Jogja Sebut Warning Keras Bagi Masyarakat

Data tersebut didapat dari pasien yang dinyatakan positif lewat tes PCR. Ini menjadi salah satu studi berkelanjutan terbesar di dunia yang mencatat informasi soal gejala, pengujian, dan vaksin.

Profesor Spector mengatakan sakit kepala menempati posisi pertama sebagai gejala Covid-19 yang paling umum. Gejala tersebut dialami sebanyak 60 persen pasien positif. 

Berikut 5 gejala Covid-19 baru teratas yang umum dialami pasien:
1. Sakit kepala
2. Pilek
3. Sakit tenggorokan
4. Bersin
5. Batuk

Baca Juga: Vaksin Corona dari Israel Hampir Kedaluwarsa, Palestina Batalkan Kesepakatan dan Kembalikan Dosis Vaksin

Sementara itu, dua gejala lainnya yaitu demam dan kehilangan kemampuan indra penciuman/perasa berada pada urutan tujuh serta sembilan.

"Kami memang membutuhkan pendekatan fleksibel yang jauh lebih luas untuk ini, karena virus berubah dan populasi juga berubah," jelasnya.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: Sky News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x