5 Negara dengan Perayaan Idul Adha Unik di Dunia

- 18 Juni 2021, 18:15 WIB
Ilustrasi perayaan Idul Adha 2021
Ilustrasi perayaan Idul Adha 2021 /Pixabay/Pixels2013

KABAR JOGLOSEMAR- Hari Raya Idul Adha tentu sangat identik dengan kurban, Idul Adha di berbagai negara dirayakan dengan berbagai macam tradisi yang unik.

Meski dengan tradisi yang berbeda, tujuannya tetap sama yaitu untuk memperingati hari besarnya islam dan sarana untuk mendekatkan diri dengan Allah.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 DIY Tambah 592, Bantul Tertinggi Konfirmasi Kasus

Idul Adha adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

Hari raya ini dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah, jatuh tepat 70 hari setelah Hari Raya Idul Fitri. Terdapat juga hari Tasyrik yang mengharamkan umat islam untuk berpuasa.

Pada Idul Adha, umat islam pada pagi hari melaksanakan sholat Id sama seperti perayaan Idul Fitri.

Baca Juga: Woozi SEVENTEEN Ceritakan Pengalaman Bikin Lagu bersama Produser Bang Si Hyuk

Selepas sholat Id, dilanjutkan penyembelihan hewan kurban seperti kambing dan sapi. Hal ini dilakukan sebagai peringatan ketika Allah memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya Ismail.

Akan tetapi, oleh Allah Nabi Ibrahim justru menyembelih domba sebagai pengganti Nabi Ismail. Oleh karena itu, pada hari besar Idul Adha diadakannya penyembelihan hewan kurban.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x