Pensiun, Mulai Hari Ini Kepala BNPB Doni Monardo Digantikan Ganip Warsito

- 25 Mei 2021, 09:56 WIB
Doni Monardo pensiun
Doni Monardo pensiun /Setkab.go.id/Sekretariat Kabinet
 

KABAR JOGLOSEMAR - Doni Monardo yang selama ini kiprahnya banyak diketahui masyarakat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan aktif melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19, mulai hari ini Doni Monardo tidak lagi menjabat sebagai Kepala BNPB.

Posisi Doni Monardo akan digantikan oleh TNI Letjen Ganip Warsito.

Prosesi pergantian Kepala BNPB dijadwalkan berlangsung pada hari ini, Selasa (25/5/21) pukul 10.00 WIB, oleh Presiden Joko Widodo usai pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah di Istana Negara, Jakarta.

Baca Juga: Terjegal Kasus Dugaan Korupsi, Dirut Telkomsel Akan Diperiksa

Pergantian ini dilakukan karena Doni akan memasuki masa pensiun dari dinas kemiliteran pada 1 Juni 2021.

"Ya, benar, karena Pak Doni akan pensiun pada 1 Juni 2021 sehingga harus diganti oleh perwira tinggi TNI yang aktif," ujar Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyebutkan, Presiden Jokowi menginginkan adanya tradisi bahwa posisi Kepala BNPB adalah seorang perwira tinggi aktif.

Baca Juga: Jadi Sarana Edukasi, Dukcapil Terima Pengaduan dan Keluhan dari Tik Tok

"Presiden ingin mentradisikan yang memimpin BNPB adalah perwira tinggi aktif, di antaranya agar setiap terjadi bencana bisa mudah mengerahkan pasukan, Pak Ganip akan dilantik Selasa pagi ini," tuturnya.

Doni Monardo diketahui telah mengemban Kepala BNPB sejak 9 Januari 2019. Sebelum di BNPB, ia pernah mengisi posisi Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Jebolan Akademi Militer (Akmil) 1985 ini memiliki pengalaman dalam bidang infanteri.***


 







Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x