Presiden Jokowi : Dengan Kereta Cepat, Jakarta-Bandung Ditempuh 46 Menit

- 19 Mei 2021, 06:54 WIB
Presiden Jokowi meninjau pengerjaan konstruksi Tunnel #1 Kereta Cepat Jakarta–Bandung, di KM 5+500 Tol Jakarta–Cikampek, Bekasi, Selasa, 18 Mei 2021.
Presiden Jokowi meninjau pengerjaan konstruksi Tunnel #1 Kereta Cepat Jakarta–Bandung, di KM 5+500 Tol Jakarta–Cikampek, Bekasi, Selasa, 18 Mei 2021. /BPMI Setpres/Lukas
 

KABAR JOGLOSEMAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninju pelaksanaan pembangunan terowongan jalur Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) pada hari Selasa, 18 Mei 2021.

Saat ini proses pembanunan jalur KCJB itu sudah mencapai 73 persen dari total panjang jalur keretat cepat tersebut sepanjang 142,3 kilometer. Pembangunan jalur Kereta Cepat Jakarta - Bandung tersebut ditargetkan selesai dan beroperasi tahun 2022.

"Rangkaian KCJB akan bermula dari Stasiun Halim, Jakarta, sebagai stasiun keberangkatan sekaligus kedatangan dan berakhir di Stasiun Tegalluar, Bandung. Panjang rute keseluruhan 142,3 kilometer yang dapat ditempuh hanya dalam waktu 46 menit," tulis Presiden Jokowi dilansir Kabar Joglosemar di akun Instagram @jokowi pada hari Selasa, 18 Mei 2021.

Baca Juga: Begini Cara Cek Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta Secara Online di eform.bri.co.id

Menurut Presiden Jokowi, dalam proses pembangunan kereta cepat ini ada transfer teknologi di mana SDM (sumber daya manusia) Indonesia mampu menangkap dan mengambil ilmu dari pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung tersebut.

Dikatakan, terowongan kereta cepat tersebut melintas di bawah tol Jakarta-Cikampek sepanjang 1.885 meter. Terowongan tersebut akan dilalui kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang sedang dibangun.

"Hari ini, saat saya datang meninjau, pembangunan konstruksi kereta cepat ini telah mencapai kisaran 73 persen. Jika tak ada aral melintang, pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung selesai pada akhir tahun 2022 dan bisa diujicobakan," kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: BST Rp300 Ribu Diperpanjang Sampai Juni, Berikut Syarat Terbaru dan Cara Cek Penerima Bansos

Presiden Jokowi berharap kereta cepat ini dapat terintegrasi dengan moda transportasi lain seperti LRT dan MRT di Jakarta.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x