Doa Khatam Qur'an, Allahummarhamna Bil Quran, Lengkap Arab hingga Terjemahannya

- 16 April 2021, 22:22 WIB
Ilustrasi doa khatam Al Quran
Ilustrasi doa khatam Al Quran /Saintif.com
 


KABAR JOGLOSEMAR - Di bulan Ramadhan ini, salah satu amalan yang sering dijalankan adalah membaca Al Quran. Tak hanya itu, dianjurkan juga supaya bisa khatam Quran pada Ramadhan.

Sebab, akan ada berkah serta kurnia tersendiri yang akan dilimpahkan oleh Allah SWT kepada setiap umatnya yang khatam Quran di bulan Ramadhan.

Sementara itu, khatam Qur'an sendiri artinya ialah sudah tamat ataupun selesai dalam membaca serta mempelajari kitab Al-Qur'an.
 
 

Lebih lanjut, apabila telah khatam Qur'an , Allahummarhamna bil quran, merupakan salah satu lafal dari bacaan doa khatam Al-Qur'an.

Apapun kalimat Allahummarhamna bil Quran ini sering dilantunkan dengan pengeras kuasa pada masjid. Doa tersebut tentu terdengar begitu syahdu serta menyejukkan hati.

Allahummarhamna bil Quran, lafal dari doa ini sebaiknya dibaca kepada setiap umat Islam yang telah selesai mengkhatamkan kitab suci Al-Quran.
 
 

Berikut doa khatam Quran lengkap Arab hingga terjemahannya.

Doa Khatam Al Quran Arab, Latin dan Terjemahannya

أَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ, وَاجْعَلْهُ لِي إِمَاماً, وَنُوْراً, وَهُدًى وَرَحْمَةً, أَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نَسِيْتُ, وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ, وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آناَءَ اللَّيْلِ, وَأَطْرَفَ النَّهَارِ , وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Latinnya : Allahummarhamna bil quran, waj’alhulana imama wa nuro, wa huda wa rohmah. Allahuma dzakkirna minhuma nasina. Wa ‘alimna minhuma jahilna

Warzuqna tilawatahu, Ana allayli wa athro fannahar. Wa’alhulana hujjatayya robbal’alamin. Allahummarhamna bil quran.

Artinya :

"Ya Allah rahmatilah kami dengan al Qur’an. Jadikan ia imam kami, cahaya, petunjuk dan rahmat bagi kami. Ya Allah ingatkan lah kami apa yang kami lupa dan ajarkan bagi kami apa yang kami jahil."

"Karuniakanlah kepada kami untuk dapat membacanya sepanjang malamnya dan sepanjang siangnya. Jadikan lah ia perisai kami. Wahai Tuhan sekalian alam."

Demikian doa khatam Quran dengan lafal Allahummarhamna Bil Quran. ***



Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x