Bacaan Doa Qunut Lengkap Arab, Latin, hingga Bahasa Indonesia

- 16 April 2021, 22:16 WIB
Ilustrasi doa Qunut
Ilustrasi doa Qunut /tangkapan layar youtube.com/FIRMANSH OFFICIAL CHANNEL
 


KABAR JOGLOSEMAR - Simak, bacaan Doa Qunut lengkap yang akan disajikan dalam artikel ini.

Bacaan Qunut ini juga telah tersedia dalam tiga bahasa yakni Arab, Latin hingga Bahasa Indonesia.

Oleh karena itu, segera pelajari serta ada baiknya untuk mengafal bacaan Doa Qunut ini.
 
 

Seperti diketahui, Qunut merupakan salah satu doa yang diucap atau dilafalkan ketika sholat subuh.

Adapun doa bacaan Qunut ini dipercaya memiliki keutamaan untuk menambah berkah teruama pada bulan Ramadhan.

Sementara itu, terdapat beberapa umat Muslim yang tidak melafalkan doa Qunut. Oleh karenanya, beberapa kalangan menyebut bahwa bacaan Doa Qunut merupakan sunnah.
 
 

Artinya, Doa Qunut baik apabila dijalankan serta tidak berdosa jika ditinggalkan.

Dalam menjalankannya, Doa Qunut dilafalkan pada rakaat kedua shalat subuh. Doa tersebut dibaca tepat sesudah membaca bacaan iktidal sebelum mulai masuk pada posisi sujud pertama dalam rakaat itu.

Jika dilakukan secara berjemaah, maka imam wajib melafalkan Doa Qunut dengan keras dilanjutkan dengan diamini oleh para makmum.
 
 

Berikut Bacaan Doa Qunut Lengkap Arab, Latin, hingga Bahasa Indonesia.

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّ مَاقَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Latin : “Allahummah dini fi man hadait, wa ‘afini fiman ‘afait, wa tawallani fi man tawallait, wa barik li fi ma a’thait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha ‘alaik,"

"Wa innahu la yazillu man wa lait, wa la ya’izzu man ‘adait, tabarakta rabbana wa ta’alait, fa lakal hamdu a’la ma qadhait, wa astagfiruka wa atubu ilaik, wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam”
 
Baca Juga: Viral Video Bapak Ngamuk hingga Ini Tampar Perawat, Begini Kronologinya

Arti Bahasa Indonesia : “Ya Allah tunjukanlah aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan.

"Peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan kepadaku pada apa yang telah Engkau berikan. Selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan."

"Engkaulah yang menghukum dan bukan dihukum. Tidak hina orang yang Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi.
 
Baca Juga: Sebabkan 300 Orang Meninggal, Kapten Kapal Ferry Sewol Tak Jadi Dieksekusi

"Bagi-Mu segala pujian di atas apa yang Engkau tentukan. Aku memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-MU. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan karunia atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.”

Demikian bacaan doa Qunut lengkap Arab, Latin hingga arti Bahasa Indonesia.***


Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x