Doa Qunut Saat Sholat Subuh, Lengkap Arab, Latin Beserta Artinya

- 14 April 2021, 04:09 WIB
Ilustrasi Doa Qunut
Ilustrasi Doa Qunut /Pixabay/mohamed_hassan
 


KABAR JOGLOSEMAR- Meski masih menjadi perdebatan di kalangan ulama tentang apakah Doa Qunut perlu dibaca atau tidak, namun bagi sebagian masyarakat yang sudah terbiasa membaca doa qunut saat shalat subuh umumnya akan terus melafalkan doa ini ketika sholat subuh.

Doa Qunut adalah sebuah amalan sunah yang dilakukan ketika mengerjakan shalat. Pada dasarnya, Doa Qunut ada beberapa macam, seperti doa qunut shalat subuh, doa qunut shalat witir saat masuk paruh akhir bulan Ramadhan dan doa qunut nazilah.

Para ulama berpendapat bahwa membaca doa qunut di saat shalat subuh adalah hal sunnah dan dianjurkan, berasal dari ulama mazhab Syafi’i dan Maliki. Salah satu dasar dari pendapat tersebut adalah hadis yang diriwayatkan dari Anas bin Malik:

Baca Juga: Jokowi Minta Menterinya Tak Gelar Bukber saat Ramadhan
 
Baca Juga: Teh atau Air Putih, Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa?

"Rasulullah SAW senantiasa melakukan qunut pada sholat subuh sampai beliau meninggalkan dunia," (HR. Ahmad).

Sementara menurut Imam Nawawi, hukum membaca doa qunut saat shalat subuh adalah sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan. Menurut Imam Nawawi, meninggalkan doa qunut memang tak membatalkan shalat subuh. Namun, umat muslim dianjurkan melakukan sujud sahwi ketika tidak membaca doa qunut pada saat sholat subuh, baik secara sengaja maupun tidak.

Di sisi lain, para ulama mazhab Hanbali dan Hanafi berpandangan bahwa membaca qunut bukanlah hal yang dianjurkan untuk dilakukan pada saat shalat Subuh.

Baca Juga: Chilean TV Network Mega Minta Maaf Usai Tayangkan Parodi Rasis BTS
 
Baca Juga: Kocaknya V dan Jungkook BTS Telpon Ibu Mereka untuk Cari Bantuan

Landasannya adalah hadis: "Sesungguhnya Rasulullah SAW tidak berqunut saat shalat fajar (shalat subuh), kecuali ketika mendoakan kebaikan atau keburukan untuk suatu kaum," (HR Muslim).

Doa qunut saat sholat subuh dibaca ketika memasuki rakaat kedua, yakni pada saat masih berada di posisi berdiri setelah membaca bacaan i'tidal. Tepatnya, pada saat berdiri setelah rukuk dan sebelum sujud pertama.

Apabila shalat subuh di kerjakan secara berjamaah, maka imam dianjurkan untuk mengeraskan suara saat membaca doa qunut dengan para makmum yang mengamini.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X