Tanggul Jebol, Perumahan di Purwokerto Terendam Banjir

- 11 April 2021, 12:59 WIB
Ilustrasi tanggul jebol di Purwokerto
Ilustrasi tanggul jebol di Purwokerto /Diskominfo Jateng
 
 
 
KABAR JOGLOSEMAR - Sebuah tanggul di anakan sungai Kalibener, Puwokerto, Jawa Tengah jebol pada Sabtu 10 April 2021 sore. Akibatnya, sebuah perumahan di Kecamatan Purwokerto, terendam banjir.
 
Namun tidak dilaporkan adanya korban jiwa dalam peristiwa itu. Jebolnya yang sungai yang berbatasan dengan perumahan Karang Pucung Permai di Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas curah hujan yang tinggi.
 
Pada Sabtu 10 April 2021, hujan dengan intensitas tinggi berlangsung selama lebih dari 3 jam. Hujan mengguyur wilayah Kecamatan Purwokerto Selatan sejak Sabtu sore.
 
 
 
Dari laporan Pusdalops BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Banyumas dikutip Kabar Joglosemar pada Minggu 11 April 2021, akibat tanggungl jebol tersebut, ada sekitar 15 unit rumah warga di area perumahan terendam banjir dengan ketinggian 90cm hingga 150cm.
 
Selain itu, dilaporkan ada 1 keluarga atau 3 warga  mengungsi karena lokasi rumah dekat dengan tembok tanggul yang jebol. Sampai hari Minggu 11 April 2021,BPBD Banyumas terus berkoordinasi dengan Koramil Purwokerto Selatan, Polsek Purwokerto Selatan, Perangkat Kelurahan Karangpucung, Tagana, BHV dan relawan gabungan.
 
Hal ini dilakukan guna meninjau lokasi, melakukan pendataan dan evakuasi korban terdampak tanggul yang jebol dan merendam perumahan tersebut.
 
 
 
Menurut Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, dilansir Kabar Joglosemar dari bnpb.go.id, kondisi lokasi tanggul jebol dan banjir pada hari Minggu 11 April 2021 banjir sudah mulai surut.
 
Saat ini warga sedang melakukan kerjabakti untuk membuat tanggul sementara guna mengantisipasi adanya banjir susulan.
 
Dari hasil perkiraan cuaca yang dipantai lewat website BMKG, kota Purwokerto masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada hari Minggu 11 April 2021 sampai dengan hari Selasa 13 April 2021.
 
Karena itu, masyarakat diminta agar tetap waspada dan siap siaga mengantisipasi potensi bahaya susulan yang mungkin terjadi.***

 

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x