Serupa tapi Tak Sama, Simak Perbedaan Air Gun dengan Airsoft Gun, Peluru hingga Mekanisme Penggunaan

- 2 April 2021, 15:47 WIB
Perbedaan air gun dengan airsoft gun./
Perbedaan air gun dengan airsoft gun./ /tangkapan layar youtube.com/ Replica Airguns

KABAR JOGLOSEMAR - Baru-baru ini, diketahui bahwa senjata yang digunakan oleh pelaku penyerangan Mabes Polri, inisial ZA pada Rabu (31/3), adalah pistol berjenis AIR GUN. Ada perbedaan antara air gun dengan airsoft gun.

Meskipun serupa tapi tak sama, perebedaan air gun dengan airsoft gun tertelak pada peluru hingga mekanisme penggunaan senjata tersebut.

Pada dasarnya, perbedaan air gun dengan airsoft gun ada di pelurunya. Air gun mampu melontarkan peluru berjenis metal atau besi.
 
 

Sedangkan airsoft gun umumnya hanya menggunakan peluru yang terbuat dari karet. Dari segi penggunaan, kedua senjata tersebut pun berbeda.

Selain itu, baik air gun dengan airsoft gun mempunyai perbedaan daya lontarnya masing masing.

Airsoft gun menggunakan gas tekanan rendah ataupun alat bantu dinamo yang bekerja menggunakan tenaga baterai.
 
 

Hal tersebut berebeda dengan air gun. Air gun memakai gas CO2 diamana tekanan peluru yang dilontarkan akan lebih kencang ketimbang airsoft gun.

Dalam satuan Joul, airsoft gun hanya memiliki tenaga kurang dari 2 Joul. Sementara itu, air gun tentunya lebih besar yakni mempunyai daya lebih dari 2 Joul.

Pada bagian berat dari peluru kedua senjata tersebut, terdapat perbedaan yang signifikan. Berat peluru airsoft gun mencapai 0,4 gram, sedangkan air gun mencapai 1 sampai 1,5 gram.
 
 

Berdasarkan hal tersebut, kemampuan dari senjata air gun lebih mematikan ketimbang airsoft gun.

Seperti contoh, air gun mampu menembus bidang datar berupa kaca ataupun triplek apabila ditembakkan dalam jarak yang sangat dekat.

Oleh karena itu, di Indonesia sendiri kini air gun telah dilarang. Penggunaannya pun terbatas, sehingga air gun memerlukan izin ketat yang tentunya hanya dimiliki oleh kalangan tertentu.

Seperti diketahui, sebelumnya telah beredar rumor mengenai senjata yang digunakan ZA untuk menyerang Mabes Polri.

Rumor tersebut tersiar bahwa ZA menggunakan pistol berjenis airsoft gun. Berbeda dengan rumor tersebut, pada Kamis (1/4) pihak kepolisian telah mengumumkan bahwa senjata yang ZA gunakan adalah pistol air gun. 
 
Meskipun serupa tapi tak sama, namun perbedaan air gun dengan airsoft gun kini telah terlihat dari peluru hingga mekanisme penggunaan kedua senjata tersebut.***



Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x