Ketidaksesuaian Data Jadi Masalah Utama Penyaluran Bansos 2021

- 8 Februari 2021, 07:30 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat peluncuran bansos tahun 2021 di Istana Negara.
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat peluncuran bansos tahun 2021 di Istana Negara. /YouTube/ Sekretariat Presiden
 


KABAR JOGLOSEMAR - Bantuan sosial (Bansos) 2021 yang diberikan Kemensos jadi angin segar bagi warga kurang mampu terdampak pandemi COVID-19.

Namun kenyataannya di lapangan, masih banyak permasalahan terkait target penerimaan bantuan sosial yang terdiri dari BST, BPNT dan PKH ini.

Masalah utama penyaluran bantuan sosial ini adalah banyaknya ketidaksesuaian data warga miskin yang ada di tingkat pusat dan di daerah. Hal ini menjadi permasalahan tersendiri yang harus segera diselesaikan.

Baca Juga: Cara Cek Penerima BLT UMKM Rp2,4 Juta yang Cair Februari, Klik eform.bri.co.id/bpum Bisa Pakai HP
 
Baca Juga: Jangka Panjang! Simak Informasi Terbaru Pengganti BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021

Menteri Sosial, Tri Risma Harini mengatakan, pada prakteknya di masyarakat program bantuan ini memang banyak mengalami kendala salah satunya adalah data yang tidak sesuai yang dimiliki pusat dan data yang ada di tingkat daerah.

" Untuk mengatasi berbagai kendala ketidaksesuaian data warga penerima bantuan ini, Kemensos rutin setiap bulan melakukan pembaharuan data. Hal ini wajib dilakukan agar program bantuan sosial benar-benar tepat sasaran," ujarnya.

Ketidaksesuaian data warga penerima bantuan antara pusat dan daerah memang bukan baru kali ini terjadi. Sebelumnya sering terjadi ketidaksesuaian data warga penerima antara pusat dan daerah.

Baca Juga: Tips Menggambar Alis Agar Tampak Natural, Mudah untuk Pemula
 
Baca Juga: Wisata Kuliner di Warung Kopi Klotok, Tempat Nongkrong yang Asyik di Jogja

Kemensos meminta pihak terkait untuk segera memperbaiki ketidaksesuaian data warga penerima bantuan dengan cepat karena program penyaluran ini terus berjalan.

Jangan sampai nantinya program bantuan sosial pemerintah justru salah sasaran dan akan berpengaruhi pada sistem percepatan pemulihan ekonomi.

Kemensos mencatat ada 40 daerah yang sudah mendapat surat dari Kemensos untuk memperbaiki data kependudukan warga penerima bantuan.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x