Cegah Praktik Dukun Abal-Abal, Dukun Banyuwangi Deklarasikan Persatuan Dukun Nusantara 

- 4 Februari 2021, 12:47 WIB
ilustrasi ritual dukun
ilustrasi ritual dukun //pixabay/Allinoch

 

KABAR JOGLOSEMAR -  Maraknya praktik dukun abal-abal yang meresahkan dan menipu masyarakat menjadi latar belakang sejumlah dukun di Banyuwangi mendeklarasikan Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu), Rabu (3/2/21).

Persatuan dukun nusantara dideklarasikan di desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Acara deklarasi ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dan tidak banyak dihadiri para dukun hanya perwakilan saja mengingat masih tingginya kasus penularan COVID-19 di wilayah Jawa Timur. 

Ketua Umum Perdunu, Abdul Fatah Hasan mengatakan, dengan adanya Persatuan Dukun Nusantara ini para dukun ingin mempublikasikan pada masyarakat luas bahwa memang ada praktik spiritual di Banyuwangi.

Baca Juga: Dukun di Banyuwangi Bentuk Persatuan Dukun Nusantara, Bakal Gelar Pengobatan Hingga Festival Santet

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Kanker Secara Alami, Istirahat Cukup Hingga Konsumsi Ini

Selain itu, yang paling penting dengan adanya perkumpulan ini adalah menghindari adanya praktik dukun abal-abal yang marak terjadi.

"Tujuan utama adanya Perdunu agar masyarakat tidak lagi tertipu dengan modus praktik dukun abal-abal yang merugikan masyarakat. Para dukun yang tergabung dalam perkumpulan ini terdiri dari berbagai bidang mulai dari bidang pengobatan hingga psikologis," jelas Abdul.

Perdunu mengkategorikan praktik dukun berdasarkan bidang keahliannya. Salah satu contohnya pengobatan dari medis hingga non medis, ada pula tentang psikologis, dari yang logis dan non logis.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x