34.200 Sekolah Siap Menggelar Pembelajaran Tatap Muka

- 26 Januari 2021, 12:06 WIB
Ilustrasi sekolah
Ilustrasi sekolah /youtube.com /BKI IAIN Langsa
 
KABAR JOGLOSEMAR - Meski Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberi kewenangan kepada pemerintah daerah (pemda) untuk mengizinkan atau tidak bagi sekolah-sekolah di di daerahnya terkait Pembelajaran Tatap Muka (PTM), namun hingga saat ini hampir belum ada sekolah yang menggelar PTM.
 
Padahal sampai saat ini sudah ada 34.200 sekolah atau 15,5 persen dari total 220.752 sekolah dari berbagai satuaan yang menyatakan sanggup menggelar belajar tatap muka dengan protokol kesehatan.
 
"Meski Kemendikbud telah memberikan otoritas pada pemerintah daerah, namun keinginan pemda untuk membuka satuan pendidikan atau Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dinilai masih cukup rendah. Hal ini terutama pada satuan pendidikan di kota-kota besar yang penyebaran virus dan kepadatan penduduknya tinggi," kata Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), seperti dikutip Kabar Joglosemar dari laman resmi kemdikbud.
 
 
 
Menurut Mendikbud, sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri maka pembelajaran tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga pendidikan.
 
Pada Januari 2021, kebijakan PTM dimulai dengan pemberian izin oleh pemerintah daerah atau kantor wilayah Kemenag, lalu dilanjutkan dengan izin berjenjang dari satuan pendidikan dan orangtua.

Dan berdasarkan pengamatan, menurut Mendikbud, meski Kemendikbud telah memberikan otoritas pada pemerintah daerah, namun keinginan pemda untuk membuka satuan pendidikan masih cukup rendah.
 
 
 
Mendikbud menilai banyak daerah yang memilih menggunakan opsi yang lebih aman untuk mempersiapkan diri dulu.  “Setiap pemda merespons (mengeluarkan kebijakan) sesuai situasi riil di daerah mereka,” kata Mendikbud.

Dikatakan, Kemendikbud telah menghimpun Laporan Proses Belajar Mengajar Satuan Pendidikan.

Dan, merujuk hasil survei yang telah dilaksanakan, diperoleh fakta bahwa sebanyak 186.552 sekolah atau 84,5 persen satuan pendidikan menyatakan siap Belajar Dari Rumah.

Baca Juga: Dipecat dari Chelsea, Ini Respons Frank Lampard

Baca Juga: 12 Tempat Makan Romantis di Jogja yang Cocok Untuk Candle Light Dinner saat Valentine

Sementara sebanyak 34.200 sekolah 15,5 persen  menyatakan sanggup menggelar belajar tatap muka dengan protokol kesehatan.***

Editor: Sunti Melati

Sumber: Kemendikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x