Gempa Bumi hingga Banjir di Indonesia Sudah Diprediksi BMKG Sejak Oktober 2020

- 21 Januari 2021, 10:41 WIB
ilustrasi peristiwa gempa bumi
ilustrasi peristiwa gempa bumi /pixabay/Angelo_Giordano

KABAR JOGLOSEMAR - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebetulnya telah mengeluarkan informasi terkait potensi bencana alam bersamaan dengan prakiraan musim hujan sejak Oktober 2020 lalu.

Memasuki tahun 2021, sebagian masyarakat Indonesia merasakan bencana alam. Peristiwa bencana alam yang terjadi antara lain gempa bumi, banjir, hingga tanah longsor.

Peningkatan curah hujan sejak akhir tahun itu membuat sejumlah daerah mengalami bencana banjir serta tanah longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaporkan beberapa bencana banjir di daerahnya masing-masing.

Adapun bencana banjir yang melanda Indonesia pada awal tahun 2021 seperti di Sumedang, Bogor, Aceh Timur, Manado, Kalimantan Selatan dan daerah lainnya. Selain itu ada peningkatan potensi gempa di berbagai daerah.

"Sampai Maret masih ada potensi multirisiko, tapi untuk hidrometeorologi puncaknya pada Januari-Februari,” terang Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Jumat, 15 Januari 2021 sebagaimana dikutip KabarJoglosemar.com.

Baca Juga: Putri Sultan HB X Buka Suara Terkait Pencopotan 2 Pamannya dari Jabatan Strategis Keraton

Gempa bumi juga mengguncang sejumlah daerah di Indonesia. Terbaru gempa dengan kekuatan magnitudo 5,9 mengguncang Majene Provinsi Sulawesi Barat pada Kamis, 14 Januari 2021.

Selanjutnya, ada gempa susulan dengan kekuatan yang lebih besar, yakni Magnitudo 6,2 terjadi pada Jumat, 15 Januari 2021 dini hari pukul 01.28 WIB.

Guncangan yang lebih kuat ini mengakibatkan kerusakan yang lebih parah. Kedalaman gempa bumi hanya 10 kilometer dan terletak 6 kilometer arah timur laut Majene.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x