Indonesia Dilanda Bencana, BMKG Peringatkan Potensi Multirisiko Terjadi Sampai Maret

- 21 Januari 2021, 09:48 WIB
Fenomena angin puting beliung di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri pada Rabu, 20 Januari 2021
Fenomena angin puting beliung di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri pada Rabu, 20 Januari 2021 /Instagram.com/ @wonogirikita

KABAR JOGLOSEMAR - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat Indonesia di berbagai daerah selalu waspada karena potensi cuaca ekstrem puncak musim hujan.

Puncak musim hujan disertai kilat hingga angin kencang diperkirakan akan terjadi hingga Februari bahkan Maret 2021. 

Peningkatan intensitas hujan yang tinggi menyebabkan beberapa daerah terendam banjir. Banjir dan longsor telah melanda sejumlah daerah di Indonesia seperti Bogor, Aceh Timur, Kalimantan Selatan, Sumedang hingga Manado.

Ada pula kejadian angin puting beliung atau waterspout di Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri Jawa Tengah. Fenomena cuaca ekstrem seperti angin puting beliung bisa terjadi di daerah lain. Oleh karenanya, masyarakat diimbau untuk selalu berhati-hati dan tidak mendekati area kejadian.

Baca Juga: Fenomena Unik, Ada Salju di Gurun Sahara

Sebelumnya, BMKG juga mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi bencana multirisiko baik dari cuaca, iklim, gempa maupun tsunami yang kian meningkatkan terutama memasuki Januari.

"Sampai Maret masih ada potensi multirisiko, tapi untuk hidrometeorologi puncaknya pada Januari-Februari. Tapi seiring dengan itu, potensi kegempaan juga meningkat, mohon kewaspadaan masyarakat," ungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers secara daring di Jakarta pada Jumat, 15 Januari 2021 pekan lalu.

BMKG sejak Oktober 2020 telah mengeluarkan sejumlah informasi potensi bencana serta prakiraan musim hujan. Awal tahun 2021 pun terbukti, sejumlah daerah di Indonesia mengalami bencana alam banjir dan tanah longsor.

Baca Juga: Tol Jogja-Bawen Melintasi 3 Kecamatan, 7 Kelurahan dan 28 Padukuhan di Sleman

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x